TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Go Ceng: Pengertian dan Asal Mulanya

Penjelasan apa itu goceng

pixabay/Muhammad Syafrani

Mungkin saat berbelanja di pasar kamu sering mendengar pedagang menyebut kata go ceng (goceng)? Atau teman-teman kamu yang kerap kali membuat kamu kebingungan karena penyebutan nominal dalam bahasa yang asing kamu dengar tersebut?

Kata goceng ini populer menjadi cara berhitung pedagang dan orang-orang di Jakarta. Jadi buat kamu yang mungkin saat ini sedang merantau ke ibu kota Jakarta, perlu rasanya mengusai istilah ini agar tidak bingung dan malah dibohongi. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai apa itu go ceng!

Baca Juga: Naik Goceng, Harga Emas Hari Ini Rp921 Ribu per Gram

1. Pengertian go ceng

Ilustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti goceng adalah "Jumlah 5.000. Biasanya mengacu pada uang." 

Goceng yang berarti lima ribu (5.000) ini berasal dari bahasa Mandarin dialek Hokkien, yang sering digunakan pedagang asal Tionghoa di Indonesia. Istilah ini akhirnya melekat dengan penduduk lokal Indonesia dan digunakan dalam penyebutan sehari-hari.

Baca Juga: Cuma Goceng! Indofood Hadirkan Pop Mie Pakai Nasi

2. Asal mula istilah goceng

Uang kertas rupiah tahun emisi 1953 bergambar RA Kartini (dok. Bank Indonesia)

Istilah goceng berasal dari dialek Hokkien yang dibawa oleh pedagang yang datang ke Indonesia yang berasal dari Tiongkok. Bahasa Hokkien merupakan Bahasa Banlamwe (Munnanhua) yang berasal dari provinsi Hokkien (Fujian), Tiongkok.

Pendatang yang berasal dari provinsi Fujian pada waktu itu, mayoritas menjadi pedagang di Indonesia. Dalam kegiatan transaksi jual beli, pedangan Tiongkok ini selalu menyebutkan jumlah dan nominal dalam dialek Hokkien.

Sehingga, sebutan istilah goceng menjadi populer di masyarakat lokal dan menyebar menjadi penyebutan sehari-hari bahkan menjadi bahasa gaul di berbagai kalangan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Harga Emas Turun Goceng, Sikat Gak Nih?

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa goceng merupakan istilah yang berasal dari dialek Hokkien dan memiliki arti lima ribu atau 5.000. Istilah ini dibawa oleh pendatang yang berasal dari Tionghoa dan berdagang di Tanah Air Indonesia.

Istilah ini sudah melekat di masyarakat Indonesia khususnya Ibukota Jakarta, dan sudah menjadi kosakata yang sudah biasa digunakan di masyarakat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya