TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Kata Se Ceng yang Cukup Populer dalam Pergaulan, Kamu Tahu?

Lebih sering diucapkan dalam transaksi perdagangan

uang koin seribu (peruri.co.id)

Istilah se ceng atau seceng mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Biasanya, kata ini digunakan anak muda yang sering berbincang dengan beragam kosakata gaul dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, tidak semua orang mengetahui kosakata ini. 

Bagi yang belum memahami apa arti kata seceng, mari simak penjelasan di bawah ini. Keep scrolling, ya.

Baca Juga: Ceng Go: Pengertian dan Penyebarannya 

1. Diambil dari bahasa asing

Duit seribu (20107182.siap-sekolah.com)

Kata seceng yang sering kita dengar sebenarnya bukan merupakan kata asli dari Bahasa Indonesia. Kata ini berasal dari bahasa asing yaitu salah satu dialek bahasa daerah di Tiongkok, lebih tepatnya bahasa Mandarin dialek Hokkian atau Khek.

Memang di negara kita ini masih ada banyak orang yang menggunakan beberapa bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari. Hal ini kerap membuat kita tidak tahu pasti apakah setiap kosakata yang diucapkan itu merupakan kata asli dari bahasa Indonesia atau tidak. Penggunaan kata asing ini sebenarnya wajar saja selama bisa dimengerti oleh orang lain. 

2. Bentuk tidak baku dari ceceng

uang koin seribu (peruri.co.id)

Kata seceng pada dasarnya merupakan bentuk tidak baku dari kata ceceng. Penulisannya yang benar adalah ce-ceng dan memiliki makna numerik yaitu seribu. 

Jadi bisa dibilang bahwa kata ceceng memiliki makna jumlah uang yaitu seribu. Karena nominalnya banyak digunakan dalam aktivitas jual beli sehari-hari, tidak heran kalau kata ini banyak digunakan dalam bahasa pergaulan.

3. Dibawa oleh penduduk Tionghoa

Ilustrasi tulisan Bahasa Mandarin. (ThoughtCo.com)

Kata ceceng atau yang biasa disebut dengan istilah seceng sudah tentu dibawa oleh penduduk yang banyak menggunakan dialek daerah di Tiongkok sebagai bahasa percakapannya. Jadi, kosakata ini dibawa oleh penduduk Tionghoa yang kemudian hidup berdampingan dengan masyarakat Nusantara. 

Saat hidup berdampingan seperti inilah orang-orang Tionghoa yang terbiasa berbicara menggunakan bahasanya, secara tidak langsung menyebarkan dialeknya tersebut. Akhirnya, warga negara kita yang terbiasa bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa serapan dari bahasa yang dibawa orang Tionghoa. 

4. Arti kata dalam KBBI

ilustrasi kamus (Unsplash / Pisit Heng)

Arti kata seceng ini tentu saja tidak ada dalam kamus KBBI karena kata ini merupakan serapan tidak resmi dari bahasa asing. Namun, sebaliknya kata yang akan bisa ditemukan di KBBI adalah kata aslinya yaitu ce-ceng yang memiliki arti seribu. 

Yang dimaksud dengan seribu dalam hal ini sama seperti apa yang telah digambarkan dalam keterangan di atas yaitu merujuk pada jumlah nominal uang. Jadi, kata ini bisa digunakan untuk bercakap-cakap perihal uang atau bisa juga menggunakannya saat menjalankan transaksi jual beli dan perdagangan.

Baca Juga: Go Ceng: Pengertian dan Asal Mulanya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya