TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi: ASEAN Selangkah Lebih Maju soal Interkoneksi Keuangan

Negara di ASEAN telah lakukan berbagai kerja sama

setkab.go.id

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memaparkan bahwa ASEAN lebih maju dalam hal implementasi interkoneksi pembayaran lintas batas. Telah dilakukan berbagai kerja sama antarsesama negara ASEAN pada sistem pembayaran yang saling terhubung.

"ASEAN telah selangkah lebih maju dibandingkan negara lain dalam implementasi interkoneksi pembayaran lintas batas," kata Jokowi saat berpidato dalam agenda Advancing Regional Digital Payment Connectivity dalam rangkaian G20 di Nusa Dua, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Di KTT ASEAN-AS, Jokowi Minta Amerika Bawa Energi Positif Perdamaian

Baca Juga: Forum Pangan G20, Prabowo Ajak Pemimpin Dunia Bersatu Atasi Kelaparan

1. Jokowi beberkan berbagai kerja sama yang telah dilakukan oleh negara ASEAN

Bendera ASEAN. (setnas-asean.id)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memaparkan bahwa telah dilakukan berbagai kerja sama untuk menciptakan interkoneksi pembayaran lintas batas negara di ASEAN, seperti kerja sama QR cross border antara Indonesia dan Thailand, serta interkoneksi fast payment antara Singapura dan Thailand.

"Sudah saatnya kerja sama ini diformalkan dalam regional payment connectivity sebagai wujud konkret implementasi G20 Road Map for Enhancing Cross Border Payment," ujarnya.

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya mendukung inisiatif regional payment connectivity agar terus diperluas hingga ke tingkat global. Sebab, kemudahan akses pembayaran akan memberikan dampak besar bagi ekonomi, khususnya sektor pariwisata, perdagangan dan UMKM.

"Sehingga akan mendorong akselerasi pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan inklusif," tambahnya.

Baca Juga: KTT G20 Sebentar Lagi, Apa Saja Tugas BUMN? 

2. Agenda transformasi ekonomi digital di sektor keuangan jadi prioritas bersama

ilustrasi ekonomi digital (pexels.com/Artem Podrez)

Dijelaskan Jokowi, agenda transformasi ekonomi digital di sektor keuangan merupakan prioritas bersama. Menurutnya itu adalah salah satu kunci ekonomi berkelanjutan yang sangat bermanfaat bagi pemulihan ekonomi agar lebih kuat, inklusif dan kolaboratif.

"Di Indonesia sendiri guna mempercepat transformasi telah dilakukan berbagai langkah-langkah terobosan sistem pembayaran, yaitu melalui pengembangan QRIS, BI FAST, dan tim percepatan perluasan digitalisasi daerah untuk mempercepat digitalisasi transaksi pemerintah," tambahnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya