TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Hal Perencanaan Keuangan Ini Bisa Jaga Kesehatan Mental, Apa Saja?

Mulai dari rutin bayar tagihan hingga dana darurat

ilustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Kesehatan mental sangatlah penting untuk dipertahankan. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya melalui pengaturan keuangan.

Pengelolaan keuangan yang tidak baik dapat mengakibatkan stres, yang bisa mengganggu kesehatan mental. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui cara mengatur keuangan.

Baca Juga: 3 Cara Atasi Kondisi Mendesak saat Gak Punya Dana Darurat 

1. Bayar tagihan bulanan tepat waktu

Ilustrasi Cicilan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dikutip dari situs resmi Bank Jago, Selasa (26/4/2022), membayar tagihan bulanan tepat waktu dapat membantu menjaga kesehatan mental. Mengapa demikian? Sebab, dengan membayar iuran tepat waktu, kamu akan terhindari dari denda atau pemutusan layanan sementara.

Tak hanya itu, hidup juga akan lebih tenang apabila semua kewajiban sudah terpenuhi.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai teknologi untuk memastikan pembayaran iuran bulanan tepat waktu. Misalnya melalui aplikasi Jago, kamu bisa atur kapan pembayaran akan dilakukan, dan apakah otomatis penuh atau semi-otomatis.

Baca Juga: Keuangan Membengkak saat Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini 

2. Memiliki dana darurat

Ilustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dana darurat sangatlah penting bagi orang dewasa. Idealnya, besaran dana darurat mencapai 3-6 kali upah atau gaji bulanan bagi seseorang yang masih lajang. Sementara untuk mereka yang sudah mempunyai keluarga, besar dana darurat yang ideak adalah 6-12 kali gaji.

Dengan memiliki dana darurat, kamu bisa menghadapi keadaan mendesak dengan tenang. Kamu tak akan panik lagi saat menghadapi keadaan tak terduga yang menghabiskan biaya yang cukup besar.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Poin Reward bisa Jadi THR buat Pelanggan Lho!

3. Tetapkan anggaran untuk setiap kebutuhan

(IDN Times/Arief Rahmat)

Menetapkan anggaran atau budgeting untuk setiap kebutuhan akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari. Sebab, kamu akan mengetahui kebutuhan sehari-hari atau bulanan, dan bisa menyisihkan uang lebih awal.

Misalnya, anggaran untuk transportasi ke kantor setiap hari, anggaran untuk makan bulanan, anggaran untuk membayar cicilan, dan sebagainya. Jika sudah dianggarkan, kamu bisa memisahkan dananya, sehingga tak tercampur.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya