TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Mata Uang Palestina? Simak Penjelasan Lengkapnya

Mata uang Palestina sama dengan Israel

ilustrasi mata uang shekel/sheqel (Freepik.com/krakenimages.com)

Jakarta, IDN Times - Palestina memiliki sejarah panjang dalam penggunaan mata uang. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 28 mata uang digunakan di negara yang tengah mengalami serangan mematikan dari Israel itu.

Dikutip dari situs resmi Engage In Palestine, Minggu (5/11/2023), saat ini mata uang yang digunakan Palestina, tepatnya di Tepi Barat (West Bank) dan Jalur Gaza adalah New Israeli Shekel (NIS) atau Shekel.

Penggunaan Shekel dimulai sejak 1994, di mana terbitnya Protokol Paris yang membuat perekonomian Palestina bergantung dengan Israel.

Baca Juga: Perang Hamas dan Israel, Mata Uang Rupiah Kena Getahnya

1. Dinar hingga dolar AS juga diterima sebagai alat pembayaran di Palestina

ilustrasi mata uang shekel/sheqel (Freepik.com/krakenimages.com)

Tak hanya Shekel, dinar Yordania dan dolar Amerika Serikat (AS) juga diterima sebagai alat pembayaran di Palestina semenjak ditandatanganinya Perjanjian Oslo pada 1993.

Dalam beberapa transaksi, mata uang euro juga dapat digunakan. Jika seseorang membayar dengan mata uang asing, maka kembalian yang diberikan ialah dalam mata uang shekel.

Baca Juga: Apa Arti Mio dan Bio dalam Mata Uang? Ini Penjelasannya

2. Pernah menggunakan lira sebagai mata uang

Nilai mata uang Turki, Lira, jatuh terus seiring keterlibatan Turki dalam Konflik Nagorno-Karabakh di Kaukasus. twitter.com/NickWalterson

Sebelum Perang Dunia Pertama, Palestina berada di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah pada 1516 hingga diduduki oleh Inggris pada 1918. Kala itu, mata uang yang digunakan di Palestina adalah lira Utsmaniyah.

Lalu, pada 1920, saat mandat Inggris dan Palestina dimulai, lira Ottoman dan pound Mesir digunakan untuk transaksi sehari-hari.

Namun, penggunaan kedua mata uang itu erhenti pada 1927. Kala itu, komite Mata Uang Dewan Kolonial Inggris memperkenalkan mata uang baru dengan nilai yang sama dengan poundsterling, yakni pound Palestina.

Baca Juga: 6 Negara Ini Tidak Punya Mata Uang Sendiri, Transaksi Pakai Apa dong? 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya