TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenali 3 Jenis Utama Pengeluaran, Penting biar Keuangan Lebih Teratur!

Ada pengeluaran tetap hingga dinamis

Ilustrasi Korupsi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Bagi pekerja, tentunya memiliki penghasilan dan pengeluaran. Nah, di dalam pengeluaran itu, terbagi lagi menjadi tiga jenis.

Menurut Bank Jago, ada tiga jenis pengeluaran utama yang penting dipahami agar bisa mengatur keuangan lebih baik.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Mengatasi Tabungan yang Tak Kunjung Bertambah

Baca Juga: 7 Jurus Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp5 Jutaan

1. Pengeluaran tetap

Ilustrasi transaksi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jenis pertama adalah pengeluaran tetap. Contohnya, tagihan sewa rumah, cicilan kendaraan, biaya berlangganan wifi atau produk hiburan. Nah, jenis pengeluaran utama ini paling mudah dipersiapkan anggarannya.

Dengan menjumlahkan tagihan-tagihan yang rutin kamu bayar setiap bulan, maka kamu dapat mengetahui kebutuhan anggaran untuk pengeluaran tetap tersebut, dan akan selalu sama setiap bulan.

2. Pengeluaran berkala

ilustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Jenis kedua adalah pengeluaran berkala. Jenis ini mirip dengan pengeluaran tetap, namun dilakukan lebih jarang, dan jumlah pengeluarannya lebih bervariasi.

Misalnya, pengeluaran perawatan kendaraan. Biasanya perawatan kendaraan bermotor dilakukan saat kendaraan tersebut telah menempuh perjalanan dengan total jarak 5.000 kilometer (km). Jadi, setiap odometer bertambah 5.000 km, baru dilakukan perawatan kendaraan tersebut.

Nah, setiap kali perawatan, tarifnya akan berbeda, tergantung kebutuhan kendaraan. Oleh sebab itu, pengeluaran ini termasuk pengeluaran berkala.

Nah, biasanya anggaran pengeluaran berkala tak bisa disiapkan tepat sesuai nominal yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memperhitungan anggaran yang lebih agar kamu siap secara finansial ketika ada pengeluaran berkala.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan saat Pasangan Memutuskan Berhenti Kerja

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya