TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mau Beli Rumah Idaman Lebih Cepat? Pakai 4 Cara Ini

Harus konsisten selama menabung

ilustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Memiliki rumah idaman adalah impian sebagian besar orang. Untuk mencapai impian itu, tentu perlu upaya yang cukup besar bagi sejumlah orang.

Apalagi, harga properti saat ini cukup tinggi. Untuk bisa membeli rumah idaman, perlu mengumpulkan uang dalam jumlah besar.

Nah, Bank Jago memberikan empat cara menabung agar bisa memiliki rumah idaman lebih cepat.

Baca Juga: Gen Z Merapat, Ini 5 Tahapan untuk Miliki Rumah Idaman!

1. Buat anggaran kebutuhan per bulan secara rinci

Ilustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelum menabung, buatlah anggaran (budgeting) kebutuhan kamu per bulan. Jadi, kamu bisa mengetahui berapa uang yang dibutuhkan untuk kehidupan selama sebulan.

Dengan anggaran itu, kamu bisa mengetahui mana pengeluaran yang penting, dan mana yang tidak untuk dialokasikan ke tabungan. Sehingga, pada akhirnya kamu bisa menghitung berapa kesanggupan menabung setiap bulan untuk membeli rumah idaman.

2. Mulai berhemat pada pengeluaran wajib

(IDN Times/Aditya Pratama)

Mempercepat tabungan rumah, menurut Bank Jago, juga bisa dilakukan dengan menghemat pengeluaran wajib. Misalnya, menghemat pemakaian listrik agar tagihan bisa menurun. Selain itu, kamu juga bisa menghemat kebutuhan uang makan dan transportasi.

Untuk menekan tagihan listrik agar tak setinggi biasanya, kamu bisa mengurangi frekuensi penggunaan AC. Lalu, kamu bisa hemat biaya transportasi dengan beralih ke transportasi umum.

3. Disiplin menabung dengan otomatisasi

ilustrasi arus kas (IDN Times/Aditya Pratama)

Menabung untuk rumah impian perlu kedisiplinan tinggi. Jika tidak konsisten, maka masa menabung akan lebih lama sampai bisa membeli rumah.

Salah satu cara untuk bisa disiplin menabung setiap bulan adalah dengan otomatisasi. Nantinya, nominal uang untuk tabungan yang telah kamu tetapkan akan langsung terpotong.

Baca Juga: 6 Ciri-ciri KPR Ditolak, Jangan Sampai Kamu Mengalaminya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya