TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Bahan Pengganti Terasi untuk Penyedap, Bikin Rasa Tetap Umami!

Aroma terasi berpadu dengan bumbu, bikin ngiler

Ilustrasi terasi (dok.pribadi/today.line.me)

Saat membuat sambal tentu akan kurang rasanya jika tidak ditambah dengan terasi. Bukan sambal saja, makanan lain juga akan terasa hambar jika tidak dibubuhi bumbu ini.

Ya, terasi adalah bumbu ajaib yang sering digunakan para ibu di rumah agar masakannya bertambah lezat. Namun apa jadinya jika bumbu ini tiba-tiba habis atau lupa membelinya. Tenang, ada bahan penggantinya. Mau tahu? Yuk, gulir ke bawah!

1. Ebi dapat sebagai pengganti terasi. Sebelum dipakai, ebi disangrai, lalu dihaluskan. Bubuhi ebi pada masakan dan akan terasa mantap!

ebi (Instagram.com/udangebi)

2. Rebon terbuat dari udang yang sangat kecil dan dikeringkan. Rebon digunakan untuk tumis sayur, perkedel, dan peyek. Sudah pernah coba?

Udang rebong (Instagram.com/gouw_dhini)

3. Petis sebagai pengganti terasi, banyak digunakan pada masakan khas Jawa Timur. Sensasi petis membuat lidah bergoyang, lezat!

sambal petis( Instagram.com/dapur_resep)

Baca Juga: Resep Membuat Sambal Terasi Tomat yang Pedasnya Mantap Abis

4. Ikan asin teri bisa difungsikan sebagai terasi. Goreng kemudian ditumbuk halus. Lalu bubuhkan pada masakanmu. Nikmati gurih dan aroma khasnya

ikanasinteri (Instagram.com/ikanasin.sby)

5. Kecap ikan terbuat dari ikan yang telah difermentasi. Dapat ditambahkan pada sambal, tetapi jangan banyak pakai garam karena kecap ini sudah asin

Kecap asin (Instagram.com/kecapmenjangan 150)

6. Saus tiram rasanya gurih dan asin sehingga dapat digunakan sebagai pengganti terasi. Dengan satu sendok makan saus tiram, rasanya sama jika pakai terasi

ilustrasi saus tiram(pixabay.com/id/users/wal

7. Mulai saat ini kulit udang yang kamu kupas jangan dibuang, ya. Rebus dan airnya sebagai alternatif pengganti terasi, masakan jadi enak!

ilustrasi kaldu udang(pixabay.com/id/users/vgtff)

8. Kecap Inggris rasanya sedikit asin dan gurih. Dapat ditambahkan saat mengolah daging, ayam goreng mentega, dan tumisan

ilustrasi kecap asin(pixabay.com/id/users/allybally4b)

Baca Juga: 10 Nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Jawa, Ada yang Mirip Nama Negara!  

Verified Writer

A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya