TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Dessert Fillipina Ini Dijamin Jadi Kudapan yang Menggugah Seleramu

Aroma dan rasanya khas banget!

foodfornet.com

Filipina merupakan salah satu negara tetangga yang bisa jadi destinasi wisata pilihan kamu. Seperti acara traveling lainnya, kamu juga wajib mencoba berbagai dessert lezat yang ada di sana. Satu hal yang unik dari desert Filipina adalah rasanya yang manis dan rasanya yang didominasi rasa santan dan kelapa.

Selain itu dessert khas Filipina ini identik dengan penggunaan tepung beras atau tepung beras ketan dan singkong. Seperti apa sih cemilan lezat khas Filipina ini? Yuk lihat.

1. Bibingka

thetastypage.com

Bibingka adalah makanan natal Pilipina. kue ini terbuat dari bahan yang sederhana, tapi penuh dengan rasa kelapa yang enak. Terdiri dari campuran tepung beras, tepung beras ketan, baking powder, dan garam yang dimasukkan kedalam tepung gula dan mentega cair yang sudah dikocok terlebih dahulu dan tentu saja santan yang menjadi cita rasa utama kue.

Kue dipanggang dengan menggunakan daun pisang sebagai wadah. Sebelum kue benar-benar matang, kue ini diolesi mentega dan diberi taburan gula dan dipanggang kembali. lapisan gula yang dipanggang ini akan memberi cita rasa sendiri saat kamu mengigit kuenya. Kelapa parut juga digunakan untuk di taburkan diatas kue yang sudah matang. Bibingka sebenarnya memiliki beragam variasi tergantung penggunaan bahan, topping dan daerah pembuatannya.

2. Biko

flyintotheworld.com

Biko adalah kue beras Filipina yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan, dan gula merah. Saat beras ketan hampir matang, beras ketan ini dicampukan dengan santan dan gula merah yang sudah dimasak terpisah hingga kental. Semua bahan ini kemudian dimasak hingga cairannya berkurang dan beras ketannya masak dengan sempurna. Biasanya Biko ini disajikan pada acara-acara khusus seperti pesta ulang tahun, reuni keluarga, dan pesta-pesta lainnya.

3. Karioka atau Bitsu Bitsu

Flickr.com/artofdessert

Karioka adalah donat karamel ala Filipina. Terbuat dari campurkan tepung ketan, kelapa parut dan santan yang diadon lalu digoreng dalam bentuk bola-bola kecil. Setelah bola-bola ini matang, masukkan ke dalam cairan karamel yang terbuat dari santan dan gula merah yang sudah mengental. Biasanya dihidangkan dengan menggabungkan bola-bola donat seperti sate.

4. Sapin Sapin

ophiasbreadandpastries.com

Sapin sapin merupakan salah satu makanan penutup Filipina paling mudah dibuat. Kata sapin-sapin ini berarti lapisan, terdiri dari tiga rasa berbeda yang dikukus satu demi satu. Sapin sapin ini terbuat daru campuran tepung beras, gula, susu kental dan santan yang diaduk lalu dibagi menjadi tiga bagian. satu bagian diberi ekstrak vanila, satu bagian lagi ekstrak ubi ungu sedang sisanya dicampurkan dengan ekstrak nangka.

Adonan vanila dikukus selama lima belas menit lalu ditambahkan adonan dengan ekstrak nangka. Setelah adonan ektrak nangka dikukus selama lima belas menit, baru tambahkan lapisan ubi ungu yang, dikukus kembali hingga matang. Setelah dingin hidangkan dengan kelapa parut atau latik yang terbuat dari santan yang dimasak hingga kering dan berwarna kecoklatan.

5. Maja Blanca

sophiasbreadandpastries.com

Maja Blanca adalah makanan penutup Filipina yang terbuat dari santan, tepung maizena, dan gula. Sering disebut Puding Kelapa, makanan penutup lezat ini mudah dibuat dan bahannya sangat umum.

Terbuat dari gula, susu kental dan jagung manis yang dimasak dengan santan yang sudah dididihkan terlebih dahulu, lalu ditambahkan dengan susu dan tepung maizena yang telah diencerkan. Adonan ini kemudian dimasak lalu dituang kedalam cetakan. Setelah dingin Maja Blanca ini biasanya ditaburi dengan kepala parut atau latik.

6. Pichi Pichi

msita.com

Pichi pichi adalah dessert Filipina yang pada dasarnya dibuat hanya dari 3 bahan: singkong, air dan gula. Bahan tadi dicampurkan dan ditambah sedikit backing soda lalu dikukus setelah dimasukkan kedalam cetakan. Setelah adonan ini matang, singkong kukus tadi digulingkan ke dalam kelapa parut.

7. Kutsinta

panlasangpinoy.com

Kutsinta adalah kue ketan, berwarna merah kecoklatan atau oranye dengan yang kenyal. Kue ini adalah jenis kue kakanin atau kue beras yang sangat populer di Filipina. Terbuat dari campuran tepung beras ketan dan tepung beras yang diaduk dengan gula merah cair yang telah diberi air alkali. Adonan ini kemudian diberi pewarna makanan dan dikukus, lalu citaburi kelapa parut atau saus.

Verified Writer

Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya