TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Ekonomis yang Paling Cocok Dibikin Geprek, Bukan Cuma Ayam!

Pencinta makanan pedas harus tahu kreasi ini

ilustrasi ragam makanan dengan sambal geprek (unsplash.com/Ke Vin)

Geprek sudah menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia selama beberapa waktu belakangan ini. Bahan tersebut begitu memanjakan pencinta pedas, lantaran penggunaan cabai dan minyak yang serasi.

Namun begitu, geprek tidak cuma bisa diterapkan untuk bahan baku serupa daging ayam. Sebab 5 bahan ekonomis ini juga tetap cocok apabila dinikmati bersama sambal geprek yang menggugah selera.

1. Telur geprek

ilustrasi telur geprek (unsplash.com/Emanuel Ekström)

Hidangan pertama yang bisa menggantikan daging ayam untuk disantap sebagai teman sambal geprek adalah telur. Gunakan telur dadar sebagai bahan utama serta lumuri dengan tepung bumbu.

Goreng garing telur dadar tersebut dan siapkan sambal geprek dari rawit, bawang putih, dan bumbu perasa. Panaskan minyak, kemudian masukan ke dalam adonan sambal berikut dengan telur.

Baca Juga: Resep Sambal Bawang Geprek yang Pedasnya Mantap, Cobain deh!

2. Tahu geprek

ilustrasi tahu geprek (pexels.com/Mumma Oyens)

Bahan ekonomis selanjutnya yang sangat pas disantap dengan kondisi pedas bukan lain adalah tahu. Seperti diketahui, bahan yang satu ini cukup sering diinovasikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mirip dengan telur, tahu pun perlu dilumuri memakai tepung bumbu basah dan kering agar setelah digoreng tekstur luarnya jadi kriuk. Kemudian siapkan sambal dan geprek tahu tersebut bersama-sama.

3. Terung geprek

ilustrasi terung geprek (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Terung ungu adalah salah satu sayur favorit untuk disantap ke dalam berbagai jenis masakan. Semisal gorengan, sup, atau makanan serba panggang. Maka dari itu, hidangan pun pas bila disantap bersama geprek.

Seperti yang lain, terung ungu perlu dipotong-potong dan lapisi memakai tepung. Kemudian siapkan sambal dari cabai rawit, bawang putih, serta perasa. Angkat terung yang sudah matang, dan siramkan sisa minyak ke dalam adonan.

4. Jamur geprek

ilustrasi jamur geprek (yummy.co.id)

Bila ingin menikmati hidangan krispi namun mengandung rasa pedas yang memanjakan lidah, maka kreasi geprek berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah dengan menggunakan jamur tiram.

Bahan tersebut perlu dibersihkan, kemudian siapkan tepung pelapis basah dan kering untuk dicelupkan bergantian. Setelah jamur dimasak, maka tahap berikutnya adalah menggabungkannya dengan sambal geprek.

Baca Juga: 5 Resep Ayam Geprek Enak yang Kekinian dan Gampang Buatnya!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya