TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fungsi Agar-agar untuk Memasak, Bisa Bikin Kue Tambah Lembap!

Agar-agar bisa berfungsi pula sebagai thickening agent

ilustrasi japanese milk puding (pixabay.com/Mansour Obaidi)

Tahukah kamu kalau agar-agar ternyata memiliki banyak fungsi dalam memasak? Bahan berbentuk bubuk dengan aneka rasa mulai dari tawar hingga buah-buahan ini sangat bermanfaat dalam memaksimalkan beragam hidangan. Agar-agar juga disukai karena harganya bersahabat.

Penasaran apa saja manfaat dari agar-agar untuk memasak? Berikut ulasannya.

1. Dijadikan makanan pembuka atau penutup

ilustrasi puding lumut daun suji (pixabay.com/Dito91)

Fungsi utama agar-agar adalah untuk diolah menjadi makanan pembuka atau pencuci mulut seperti jelly dan puding. Hidangan ini kerap dikreasikan ulang agar tampilan dan rasanya juga maksimal. Paling cocok disantap secara teratur lantaran beberapa agar-agar memiliki kandungan serat yang tinggi.

Biasanya agar-agar dimasak menggunakan tambahan air, santan, atau susu; tergantung selera. Bahan tersebut akan menentukan seberapa creamy makanan yang berhasil dibuat. Belum lagi kamu bisa memadukan antara agar-agar dengan rasa tertentu supaya hasilnya semakin maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Membuat Chia Pudding, Makanan Sehat Kaya Manfaat

2. Dicampur ke dalam adonan bolu

ilustrasi kue bolu (unsplash.com/Bruno Oliveira)

Kamu pasti pernah mendengar ada olahan bernama bolu agar-agar. Makanan ini adalah gabungan antara kue berbasis tepung terigu bersama agar-agar yang membuat tekstur hidangan terasa berbeda dan lebih istimewa saat disajikan.

Terdapat dua olahan populer hasil gabungan dari bahan-bahan ini. Pertama bolu yang dilapisi agar-agar dan kedua adalah adonan kue yang ditambah bubuk agar-agar. Fungsi dari teknik kedua akan membuat bolu jadi semakin lembap dan lembut. Cocok dimasak menjadi bolu kukus yang unik.

3. Sebagai thickening agent

ilustrasi cheesecake strawberry (pixabay.com/Engin Akyurt)

Thickening agent atau dikenal sebagai bahan pengental adalah komponen penting dalam beberapa masakan. Jika umumnya seseorang menggunakan gelatin atau maizena, rupanya agar-agar juga mampu berfungsi dengan manfaat serupa.

Biasanya agar-agar umum dipakai untuk proses pembuatan cheesecake biar lebih set, ditambahkan ke dalam saus dan dressing agar lebih padat, serta makanan lainnya. Agar-agar juga tidak akan merusak rasa utama santapan lantaran bahan ini memiliki pilihan rasa tawar.

4. Memaksimalkan tekstur glaze

ilustrasi donat glaze lemon (pixabay.com/annca)

Glaze sangat penting untuk menghias aneka makanan supaya tambah cantik dan enak. Tidak heran kalau aneka kue kerap menggunakan bahan pendamping ini untuk menaikkan nilainya supaya tambah istimewa, misalnya mirror cake atau donat sekalipun.

Proses pembuatan glaze harus tepat supaya bisa set dan menempel dengan baik, tetapi tidak menggumpal. Salah satu bahan yang kerap digunakan untuk memaksimalkan pembuatan glaze adalah agar-agar.

Baca Juga: Resep Pandan Chiffon Jelly, Perpaduan Teksturnya Unik Banget!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya