TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Kudapan dari Crabapple, Buah Apel Mini Seukuran Ceri yang Segar!

Buah ini ternyata cocok disandingkan dengan rempah-rempah!

adn / Kim Sunee

Crabapple merupakan salah satu varian apel dengan ukuran mini, bahkan banyak juga yang hampir menyamai ukuran buah ceri atau tomat saking kecilnya. Meski demikian, buah yang satu ini memang cukup populer terutama di kawasan-kawasan yang memiliki musim semi atau musim gugur.

Pohon crabapple tidak kalah kecil dari ukuran buahnya, ranting-rantingnya lebih kurus dengan dedaunan yang tertutup bunga berwarna putih, merah muda, atau keunguan. Dari kejauhan, pohon ini akan mirip sekali dengan sakura, tanaman khas dari Jepang.

Buah crabapple cenderung memiliki rasa asam yang dominan dengan sedikit manis. Oleh sebab itu, kebanyakan crabapple yang dipanen akan diolah terlebih dahulu dibandingkan dimakan secara langsung.

Nah, berikut ini terdapat lima olahan crabapple yang bisa kamu coba jika memilikinya di rumah. Apa saja?

1. Crabapple spice cake

Food Network

Crabapple merupakan salah satu buah dengan cita rasa yang cocok apabila diolah menjadi kue. Makanan lembut dengan rasa dominan manis tersebut sudah menjadi kreasi hidangan yang hampir bisa diproses dengan berbagai bahan.

Salah satu inovasi kue yang perlu kamu cicipi ialah crabapple spice cake. Tidak cuma rasa manis dan asam yang didapat, kandungan rempah yang ditambahkan ke dalam adoanan membuat hidangan ini cocok sebagai kudapan penghangat badan.

Nah, dalam menggunakan crabapple sebagai bahan baku kue, hendaknya buah dipotong-potong menjadi irisan kecil dan lalu masukan ke dalam adonan agar ada tekstur unik di dalamnya.

Untuk mendapatkan rasa rempah yang pas, kamu dapat menggunakan bubuk jahe, kayu manis, serta bubuk pala untuk diolah bersamaan.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Apel, Segar dan Bikin Ketagihan!

2. Crabapple chutney

Great British Chefs

Olahan yang satu ini mungkin masih asing di telingamu, hidangan berbentuk kental dengan warna pekat ini disebut dengan chutney. Olahan tersebut merupakan saus rempah yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa sayuran atau buah-buahan.

Di negara penghasil crabapple, buah tersebut biasanya akan diproses menjadi chutney sebagai teman makan kue atau roti. Meski sekilas mirip dengan selai, namun perbedaan mencolok dari keduanya terletak dari bahan baku yang dipakai.

Jika selai lebih banyak menggunakan gula pasir sebagai pemanis sekaligus pelunak buah, maka chutney lebih condong menggantikan gula pasir tersebut dengan memakai madu atau brown sugar.

Tidak sampai di situ, chutney pun biasanya diolah menggunakan slow cooker bersama dengan bawang bombai, kayu manis, bubuk jahe, sampai cuka apel. Dengan begini, chutney tidak cuma membuat manis makanan, tapi juga menghadirkan sensasi hangat akibat dari penggunaan rempah-rempah di atas.

3. Crabapple pickled

Putting Up With The Turnbulls

Di banyak kawasan yang tersebar di dunia, beberapa buah dan sayur biasanya diawetkan dengan cara dijadikan acar. Mengawetkan berbagai bahan makanan ini merupakan satu dari sekian banyak pilihan untuk menikmati kudapan dengan cara yang berbeda.

Karena crabapple jarang dikonsumsi secara langsung, maka untuk memastikan buahnya tetap bisa dimakan dalam jangka waktu yang lama, buah ini dapat diolah menjadi pickle, seperti timun atau lobak.

Berbeda dengan cara mengolah sayur, dalam proses untuk membuat crabapple menjadi acar diperlukan beberapa bahan seperti jahe dan kayu manis yang dimasak bersama cuka dan gula, barulah kemudian buah direndam dalam cairan yang telah dibubuhi rempah tersebut.

4. Crabapple pie

Abel and Cole

Bila membahas soal pengolahan buah-buahan rasanya belum lengkap jika tidak menyinggung salah satu kudapan berkulit renyah dengan isian manis atau gurih yang satu ini, yakni pai.

Sebuah olahan yang acapkali dinikmati sebagai teman minum teh untuk me time atau bersama keluarga ini merupakan hidangan yang paling populer di berbagai belahan dunia, terlebih karena isiannya yang biasanya terdiri dari pemanfaatan bahan-bahan yang ada di rumah.

Salah satu pemanfaatan tersebut datang dari buah crabapple. Dengan modal beberapa bahan seperti gula dan perasan air lemon, kamu sudah bisa membuat filling yang enak untuk mengisi bagian kosong dari pai.

Baca Juga: 10 Dessert Berbahan Buah Naga yang Segarnya Kebangetan, Sudah Coba?

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya