TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Inspirasi Menu Masakan Gurih dengan Saus Lemon, Refreshing!

Saus lemon yang aromatik bikin hidangan tambah lezat

ilustrasi ragam masakan gurih dengan saus lemon (pexels.com/Ruslan Khmelevsky)

Lemon terkenal akan rasanya yang masam dan aroma citrus cukup kuat. Lemon seringkali dimanfaatkan untuk menghilangkan sensasi amis pada suatu sajian tertentu.

Walau begitu, lemon sangat populer untuk dijadikan saus pelengkap masakan. Bahkan ada lima sajian gurih yang makin terasa istimewa setelah didampingi menggunakan saus aromatik tersebut.

1. Ayam saus lemon 

ilustrasi ayam saus lemon (pexels.com/laurent planson crequer)

Ayam saus lemon dapat dijadikan salah satu inspirasi lauk makan yang sangat krimi, gurih, dan memiliki sensasi citrus yang begitu menggoda. Hidangan ini pun termasuk sebagai salah satu comfort food yang bisa dibuat memakai bagian dari dada ayam.

Setelah daging dimarinasi, kamu bisa memasaknya di atas wajan anti lengket beberapa menit. Selanjutnya buat adonan saus dengan menghadirkan macam-macam rempah, kemudian masak bersama air lemon, krim, dan kaldu. Masukkan ayam lalu masak bersama.

Baca Juga: 5 Bumbu Serbaguna dari Kayu Manis, Bikin Masakan Terasa Mewah!

2. Pasta saus lemon 

ilustrasi pasta saus lemon (pexels.com/Lgh_9)

Pasta seringkali disajikan bersama aneka macam saus favorit, seperti carbonara atau bolognaise. Tetapi kali ini makanan asal Italia tersebut akan terasa lebih refreshing setelah pelengkapnya memanfaatkan keberadaan saus lemon.

Sebagai bintang utama, nantinya lemon perlu dicampur bersama adonan saus lain yang terdiri dari heavy cream, macam-macam perasa, parmesan, dan peterseli untuk menghasilkan aroma yang lebih sedap. Tinggal masukkan pasta favorit yang sudah direbus, lalu masak bersama hingga matang.

3. Ikan panggang saus lemon 

ilustrasi ikan panggang saus lemon (pixabay.com/RitaE)

Makanan selanjutnya yang juga bisa disajikan menggunakan saus lemon adalah ikan. Seperti diketahui bahwa makanan ini mengandung banyak manfaat, sekaligus memiliki karakteristik daging yang sangat lembut.

Cara mengolah daging ikan agar tidak mudah rusak bisa dilakukan melalui proses pemanggangan. Setelah itu, kamu bisa membuat saus dari campuran lemon, mentega, dan aneka macam bumbu perasa. Kemudian seluruh komponen bisa segera dinikmati.

4. Asparagus saus lemon

ilustrasi asparagus saus lemon (pixabay.com/Stefan Schweihofer)

Bukan cuma aneka macam hidangan yang terkait akan daging-dagingan, tetapi saus lemon juga cocok untuk dinikmati bersama sayur populer, apalagi kalau bukan asparagus. Makanan ini dikenal memiliki cita rasa yang sedap terutama jika di masak menggunakan proses perebusan.

Untuk saus asparagus, buah lemon nantinya akan dimaksimalkan menggunakan tambahan heavy cream, sehingga saus tersebut bakal memiliki tekstur yang cenderung lebih kental. Kamu pun dapat memasukkan aneka macam bumbu perasa agar makanan ini makin nikmat.

Baca Juga: 5 Makanan Indonesia yang Terbuat dari Bahan Tak Biasa, Berani Coba?

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya