TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!

Pencinta gorengan pasti suka dengan camilan ini!

tahu isi kol (pixabay.com/gian yasa)

Kol adalah salah satu sayuran ekonomis yang dapat disajikan menjadi beragam hidangan, tak terkecuali aneka camilan. Teksturnya yang ringan dengan rasa manis membuat kol sangat disukai untuk dijadikan macam-macam makanan enak.

Belum lagi jika ragam sajian tersebut mudah dibuat, maka hidangan makin jadi nomor satu. Yuk, cari tahu kreasi camilan yang terbuat dari kol berikut ini!

1. Bakwan sayur 

bakwan sayur (pixabay.com/bitcoinvestor)

Siapa tak kenal bakwan sayur? Gorengan favorit masyarakat Indonesia ini kerap dijumpai di pagi sampai malam hari untuk menemani ragam aktivitas. Bahkan bakwan sayur sering dinikmati sebagai lauk makan bersama aneka pendamping agar semakin mengenyangkan.

Bakwan sayur sendiri tidak mengandung bahan-bahan yang sulit ditemukan. Biasanya isian dari gorengan tersebut tidak jauh-jauh dari penggunaan wortel sampai kol yang diiris tipis dan dimasak bersama adonan tepung. Sedangkan teman yang paling klop saat menyantap camilan ini tentu saja ada cabai rawit.

Baca Juga: 5 Perbedaan Okonomiyaki Jepang dan Pajeon Korea, Sama-sama Pancake

2. Okonomiyaki 

okonomiyaki (unsplash.com/Guillaume Coué)

Okonomiyaki adalah makanan ringan yang cukup khas dari Jepang. Sajian ini kerap dinikmati dengan bermacam-macam saus sehingga rasanya jadi semakin nikmat dan menggugah selera.

Bahan utama pembuatan okonomiyaki berasal dari kol, lalu dicampur bersama tepung terigu, kaldu dashi, dan bahan-bahan lainnya. Bentuknya yang lebar membuat penganan ini cukup mengenyangkan meski disantap sebagai camilan.

3. Cabbage fritters 

cabbage fritters (pixabay.com/Sharon Ang)

Cabbage fritters adalah penganan yang akan lebih sering ditemukan dalam tradisi makanan ala masyarakat Barat. Hidangan ini dikenal juga dengan panekuk kol yang biasa disantap bersama krim asam agar kombinasi rasanya lebih beragam.

Selain penggunaan kol, cabbage fritters juga dibuat menggunakan tepung terigu, susu, telur, minyak, dan beberapa bumbu perasa. Kenikmatan ini bisa kamu jadikan inspirasi camilan ataupun menu sarapan unik yang mengenyangkan.

4. Kol goreng crispy 

camilan serba goreng (pixabay.com/Mikko)

Bila kamu senang dengan makanan ringan yang garing dan gurih, maka kol dapat dikreasikan sebagai kol goreng crispy yang miliki penampilan bak jamur crispy. Santapan ini cocok dicocol bersama saus sambal biar gak terlalu kering saat dikunyah.

Pengolahan kol goreng tepung bisa dilakukan dengan dua tahap. Yakni mencelupkannya ke dalam adonan basah, lalu dipindah ke adonan kering sebelum digoreng. Ini adalah kunci yang membuat makanan tersebut jadi garing dan nikmat.

Baca Juga: Resep Tahu Isi Spesial Jamur Pedas, Langsung Bikin Mulut Dower!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya