TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!

Bisa menghangatkan tubuh secara alami

ilustrasi olahan teh kayu manis (unsplash.com/TeaCora Rooibos)

Kayu manis dikenal sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahan ini kerap dijadikan komponen alami penurun kadar gula darah sekaligus antioksidan yang berfungsi untuk kesehatan.

Kayu manis juga bisa diolah menjadi minuman yang menghangatkan, seperti teh. Buat kamu yang memiliki bahan tersebut di rumah, yuk, olah jadi lima minuman berikut ini. Selain bermanfaat, rasanya juga sangat sedap.

1. Cinnamon tea 

ilustrasi cinnamon tea (unsplash.com/Akhilesh Sharma)

Cinnamon atau kayu manis bisa dijadikan salah satu sumber antioksidan alami untuk tubuh. Cara pengolahannya dapat dilakukan dengan dijadikan cinnamon tea alias teh kayu manis yang memiliki bau harum dan rasa sedap.

Pembuatan cinnamon tea ini sangat mudah. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan, pertama adalah dengan merebus air dan kayu manis bersamaan. Cara kedua dilakukan dengan menambahkan tea bag atau teh ke dalamnya untuk mendapatkan warna dan rasa yang lebih pekat.

Baca Juga: 5 Kreasi Cinnamon Toast, Menu Sarapan Favorit!

2. Cinnamon vanilla tea 

ilustrasi cinnamon vanilla tea (unsplash.com/Anshu A)

Berikutnya ada cinnamon vanilla tea yang spesial dibuat untuk orang yang senang akan minuman beraroma manis. Minuman ini juga bermanfaat bagi tubuh karena ada banyak kegunaan baik, seperti antibacterial dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Proses pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan teh kayu manis sebelumnya. Hanya saja di dalam sajian ini diperlukan stik kayu manis, air, dan stevia rasa vanila untuk dimasak bersamaan. Dengan begitu, rasa teh akan cenderung lebih manis dan beraroma.

3. Sujeonggwa 

ilustrasi sujeonggwa (unsplash.com/Drew Jemmett)

Teh kayu manis juga datang dari salah satu minuman populer yang berasal dari Korea Selatan. Sajian ini kerap ditemukan khususnya pada musim dingin untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dan manfaatnya bisa terserap secara maksimal.

Sujeonggwa terdiri dari bahan-bahan yang cukup simpel. Komponen utamanya disusun atas jahe, kayu manis, gula cokelat, dan air. Sementara itu, cara penyajiannya bisa dilakukan dengan menambahkan bahan. Beberapa orang lebih senang menggunakan persimmon kering dan pine nuts.

4. Cinnamon tea latte 

ilustrasi cinnamon tea latte (unsplash.com/Mae Mu)

Berikutnya ada cinnamon tea latte yang sangat creamy dan cocok sekali untuk dijadikan minuman sebelum beraktivitas. Olahan ini mengandung banyak sekali rempah sehingga tidak cuma menghasilkan aroma yang wangi, tetapi juga mampu menghangatkan tubuh.

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat cinnamon tea latte ini adalah dengan memasak rempah-rempah yang terdiri dari jahe, kayu manis, cengkih, dan air. Kemudian, masukkan juga tea bag dan susu cair untuk menghasilkan kombinasi tekstur yang pas.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Shincha Jepang untuk Kesehatan, Bukan Teh Hijau Biasa

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya