TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memasak Jamur Enoki, Hasilnya Istimewa!

Jamur enoki bisa dijadikan isian sup atau tumisan

jamur enoki (unsplash.com/Ingeborg Korme)

Jamur enoki adalah jamur yang memiliki bentuk khas daripada jamur lainnya. Sebab bentuk enoki cenderung ramping dengan tangkai yang panjang. Selain itu, bahan ini kerap dijual untuk dijadikan pelengkap dalam proses memasak aneka hidangan.

Buat kamu yang ingin mengolah jamur enoki dengan maksimal, sebaiknya ikuti dulu lima tips memasak jamur enoki supaya rasanya lezat dan hasilnya istimewa. Yuk, cari tahu sampai tuntas!

1. Selalu pilih jamur yang segar

jamur enoki (pixabay.com/will zhang)

Pilih jamur enoki yang segar supaya hidangan buatan kamu lebih enak. Selain itu, jamur yang bagus juga akan meningkatkan penampilan dan kualitas masakan supaya lebih menggugah selera. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melihat kemasan jamur enoki dan hindari jamur yang sudah tampak layu atau berwarna lebih gelap dari biasanya.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Jamur Enoki, Jadi Menu Sarapan Spesial

2. Bersihkan jamur dengan baik

air keran (pixabay.com/Jonas KIM)

Jamur enoki harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak agar tidak ada kotoran yang ikut. Pastikan semua bagian sudah dibersihkan dengan baik supaya penampilan dan rasa masakan semakin enak. Selain itu, potong bagian pangkal jamur karena bagian tersebut sangat keras dan kurang baik dikonsumsi.

3. Hindari terlalu lama dimasak

ilustrasi menuang minyak di dalam wajan (pexels.com/RODNAE Productions)

Jamur enoki sebaiknya tidak terlalu lama dimasak untuk menjaga kualitas makanan. Sebab, tekstur yang ingin dihasilkan dari sajian berbahan jamur enoki adalah lembut dan kenyal. Jika terlalu lama dimasak, khawatir jamur akan berubah tekstur sehingga menjadi kurang lezat ketika disajikan. Bahan ini hanya perlu dimasak beberapa menit saja.

4. Gunakan bumbu ala Korea untuk memberi rasa lezat pada masakan

ilustrasi gochujang (freepik.com/jcomp)

Mengolah jamur enoki biasanya sering disantap menggunakan bumbu ala Korea. Ciri khas bumbu tersebut dikenal punya cita rasa yang khas karena pekat dengan rasa manis, pedas, gurih, dan sedikit asam. Tipe bumbu yang cocok untuk memaksimalkan olahan jamur.

Namun kamu juga tetap bisa berkreasi dengan macam-macam bumbu lainnya, tergantung resep masakan yang digunakan untuk membuat jamur enoki ini.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Jamur Tiram yang Tepat agar Tidak Bau, Harus Tahu!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya