TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Bakpao Mengembang Sempurna dan Teksturnya Lembut

Bakal seenak bakpao buatan toko roti, nih

Ilustrasi bakpao yang mengembang sempurna (pexels.com/Suki Lee)

Bakpao merupakan salah satu makanan yang berasal dari Asia Timur yang populer di Indonesia. Teksturnya yang lembut dengan tambahan isian yang beragam membuat bakpao diminati banyak orang. 

Jika kamu tertarik untuk membuat bakpao sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya kamu menghasilkan bakpao yang mengembang sempurna dengan tekstur yang empuk. Berikut cara dan tips membuat bakpao mengembang sempurna.

1. Pemilihan bahan berkualitas

ilustrasi bahan adonan t(pexels.com/Felicity Tai)

Kualitas dari bahan yang digunakan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir bakpao yang kamu buat. Pastikan kamu menggunakan tepung terbaik yang mengandung cukup protein untuk memberikan struktur dan kelembutan pada adonan. 

Tak hanya itu, pilih ragi yang segar dan berkualitas tinggi. Pastikan fermentasi adonan berjalan dengan baik, sehingga bakpao dapat mengembang sempurna. 

2. Fermentasi adonan yang tepat

ilustrasi ragi (unsplash.com/Jovan Vasiljević)

Fermentasi adonan merupakan langkah kunci dalam membuat bakpao. Pastikan adonan yang kamu buat memiliki waktu fermentasi yang cukup, tetapi tidak terlalu lama. 

Tempatkan adonan di tempat yang hangat dan lembab, biarkan ragi bekerja dengan baik. Fermentasi yang tepat akan menghasilkan bakpao yang empuk dan mengembang sempurna. 

3. Penggunaan baking powder

Ilustrasi baking soda (pexels.com/Monstera Production)

Selanjutkan, penggunaan baking powder dapat dilakukan untuk memastikan bakpao mengembang sempurna. Baking powder akan memberikan efek mengembang yang baik saat proses pengukusan berlangsung. Pastikan pula kamu mengukur jumlahnya dengan teliti sesuai resep yang digunakan. 

Baca Juga: 10 Tips Bakpao Telur Asin yang Meleleh di Mulut, Yummy!

4. Teknik pengulenan adonan yang benar

ilustrasi menguleni adonan tepung (pexels.com/Klaus Nielsen)

Teknik pengulenan adonan juga berperan penting dalam menentukan tekstur bakpao. Pastikan menguleni adonan yang baik, hingga elastis dan tidak lengket di tangan. Hindari pengulenan yang terlalu kasar, karena dapat merusak struktur gluten dan memengaruhi hasil akhir bakpao. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya