TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Sup Paling Populer di Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!

Kehangatan dan rasa lezatnya disukai oleh semua orang

Sup Cowder (Instagram.com/darling_oyter_bar)

Sup adalah makanan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan suatu bahan, bisa berupa daging atau ayam. Biasanya bahan yang selalu digunakan untuk membuat sup terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan yang direbus sampai membentuk kuah kental.

Ternyata, setiap negara memiliki sup yang menjadi ciri khas masing-masing lho. Berikut ini deretan sup dari berbagai negara.

1. Tortilla Soup (Meksiko)

Sup Tortilla (Instagram.com/dinnerclubdiaries)

Negara Meksiko terkenal akan tortilla jagungnya. Selain dikonsumsi langsung, tortilla biasanya dibuat menjadi sup.Tortilla soup dibuat dengan potongan tortilla jagung goreng lalu dicampur dengan kaldu tomat yang dibumbui bawang merah, bawang putih, peterseli, dan merica.

Fakta unik, tahukah kamu bahwa tortilla telah ditemukan sejak 10.000 SM oleh penduduk asli karena banyaknya jagung di wilayah tersebut?

Baca Juga: 9 Fakta Sup Kacang Merah, Sup Paling Sehat di Tiongkok

2. Soupe à l’Oignon Gratinée (Prancis)

Sup à l’Oignon Gratinée (Instagram.com/danielagotuje)

Soupe l'Oignon Gratinée yang artinya sup bawang. Sup bawang yang dibuat oleh orang Prancis sejak abad 17 ini juga dikonsumsi oleh mereka dari peradaban Yunani dan Romawi.

Sup ini awalnya hanya dikonsumsi oleh para petani miskin karena harga bawang di Prancis saat itu sangat terjangkau. Setelah beberapa tahun kemudian, sup ini menjadi populer dan sekarang disajikan di semua jenis restoran.

3. Laksa (Malaysia dan Singapura)

Laksa (Instagram.com/confessionsofalittlepiggy)

Salah satu makanan di Asia Tenggara yang paling terkenal adalah laksa, terutama di Malaysia dan Singapura.

Pada dasarnya laksa terbuat dari kaldu ditambah dengan kari pedas, jahe, dan santan. Untuk penyajiannya bisa dilengkapi dengan udang, ayam, tahu, dan mie oriental tradisional.

4. Tacacá (Brazil)

Sup Tacacá (Instagram.com/tacacadorenatooficial)

Tacacá adalah hidangan yang melambangkan banyak referensi makanannya. Sup asal Amazon ini merupakan warisan masyarakat adat, berasal dari hidangan leluhur yang disebut mani poi.

Rasa khas Tacacá berasal dari kuah kaldu yang terbuat dari jambu, udang kering dan tapioka. Sup ini biasanya disajikan saat masih panas dalam mangkuk lalu dibumbui dengan merica dan garam.

5. Wonton Soup (Cina)

Sup Wonton (Instagram.com/instakocken)

Negara Cina memiliki beberapa hidangan yang memadukan dari berbagai sayuran dan daging dalam kaldu yang ringan, salah satunya adalah sup wonton berbahan kulit pangsit yang halus dimasak di dalam kaldu pedas lalu dicampur sayuran dan daging. 

Saat pertama kali ditemukan sup ini hanya bisa dimakan oleh bangsawan dan penduduk kalangan atas. 

6. Yayla Çorbası Soup (Turki)

Sup Yayla Çorbası (Instagram.com/gulnar.blog)

Negara Turki terkenal dengan masakannya yang mengandung yogurt, salah satunya adalah Yayla çorbasi/yoğurtlu çorba yang artinya Sup Yogurt, sup ini berasal dari orang-orang Asyur, yang mendiami wilayah Turki pada zaman kuno. 

Banyak orang turki yang mengatakan bahwa sup satu ini paling direkomendasikan dalam memulihkan kesehatan orang sakit di Turki, sup ini juga jadi menu wajib dimiliki di setiap klinik dan rumah sakit.

7. Borscht Soup (Rusia/Ukraina)

Sup Borscht (Instagram.com/cookhomey)

Sup sayuran satu ini umumnya terbuat dari ubi bit merah. Sup sederhana ini dibuat dengan kaldu daging, sayuran, dan jus bit yang difermentasi.

Ada banyak versi kaldu, bisa di kreasikan dengan berbahan dasar ikan atau sayuran, tergantung selera dan setiap daerah di negaranya memiliki perbedaan cita rasa dari satu daerah ke daerah lain.

8. Harira Soup (Maroko)

Sup Harira (Instagram.com/yababastreetfood)

Negara Arab juga memiliki sup yang lezat yaitu sup Harira, lebih tepatnya dari Maroko, makanan ini biasanya secara tradisional dikonsumsi di bulan Ramadhan.

Saat setelah matahari terbenam dan waktunya berbuka puasa, sup Harira biasanya disajikan dengan kurma dan kue madu asal maroko.

9. Soto (Indonesia)

Soto (Instagram.com/satitchen)

Soto terbuat dari kaldu harum yang dibuat dengan daging dan bihun, ada berbagai jenis soto di Indonesia tetapi yang paling populer adalah Soto Ayam, dibuat dengan ayam rebus dan disajikan dengan telur, tahu dan bawang goreng.

Ada fakta, soto diperkenalkan di Indonesia oleh orang Cina untuk sejarah hubungan komersial mereka. Kata soto diambil dari bahasa Cina yaitu shao tu, yang berarti isi perut yang dimasak.

Baca Juga: 5 Jenis Sup Khas Nigeria dengan Cita Rasa Autentik, Kuah Lebih Kental!

Writer

Gimme Five

So if really wanna know, i have purpose

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya