TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Camilan Khas Palu dengan Rasa Mantap, Kamu Wajib Coba!

Kamu pasti suka dengan rasa unik yang ditawarkan

lalampa (instagram.com/roakhasmanado)

Palu adalah kota besar yang terletak di Pulau Sulawesi. Kota ini mampu memikat banyak wisatawan karena terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, terutama wisata alamnya. Tak hanya pariwisatanya saja yang sukses mencuri perhatian, kulinernya pun tak luput dari perhatian.

Camilan merupakan salah satu makanan yang bisa dinikmati sepanjang waktu saat berada di Palu. Selain untuk mengganjal perut, camilan juga dapat dinikmati sambil bersantai. Apa saja ragam camilan khas Palu? Siap-siap dibikin keroncongan ya!

1. Banua coklat

banua cokelat (instagram.com/banuacoklat)

Banua cokelat mempunyai beragam rasa, seperti cokelat green tea, cokelat cabai, cokelat isi made, cokelat kelor, cokelat mint, dan masih banyak lagi. Ini merupakan nama produk dagang dari sebuah produsen yang berada di Palu.

Produsen banua cokelat memperkenalkan produk olahan cokelat lokal. Yang unik, cokelat ini mempunyai rasa yang manis namun sedikit pahit. Cokelat ini makin menarik karena dikemas dengan modern.

Pembeli dapat memilih bentuk cokelat, mulai dari berbentuk bar sampai lolipop.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Palu yang Paling Dicari dan Wajib Kamu Bawa Pulang

2. Lalampa

lalampa (instagram.com/roakhasmanado)

Lalampa sekilas mirip dengan lemper yang dibalut dengan daun pisang. Bedanya, kue ini mempunyai ukuran dan bentuk yang lebih panjang dan ramping.

Dalam pembuatannya, kue ini memerlukan bahan-bahan seperti beras ketan putih, santan, dan ikan bakar. Bahan tersebut kemudian digiling halus dengan tambahan bumbu tertentu yang dijadikan isiannya.

Kue dengan rasa gurih ini lalu dibungkus dengan daun pisang yang ujungnya ditusuk menggunakan lidi. Kemudian dibakar di atas arang.

Lalampa juga mempunyai rasa yang sedikit pedas sehingga cocok bagi mereka yang menyukai makanan pedas.

 

3. Kacang goyang

kacang goyang (instagram.com/arinisoewarli)

Kacang goyang mempunyai kombinasi rasa yang manis dan gurih. Selain menjadi camilan, makanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Palu. Nama makanan ini berasal dari proses pembuatannya yang mengharuskan untuk digoyang-goyang di atas bara api.

Camilan ini menggunakan jenis kacang tanah yang disangrai terlebih dahulu. Kemudian kulitnya dilepaskan. Proses selanjutnya kacang diletakkan di bawah lelehan gula berwarna-warni sehingga membuat tampilan kacang lebih menggoda.

Selain itu, camilan ini mempunyai lapisan tekstur gula yang keras.

4. Pondi pondi

pondi pondi (instagram.com/12.ichamansur)

Palu mempunyai camilan yang dibuat dengan parutan kelapa yang dikombinasikan dengan tepung beras atau tepung sagu dan gula pasir. Makanan ringan ini bernama pondi pondi. Rasanya yang manis, membuatnya bikin ketagihan. 

Pondi pondi tampil dalam balutan kertas warna-warni yang cukup menarik. Camilan ini tak hanya disukai oleh anak-anak, namun juga segala usia.

Dengan harga sekitar Rp2.500, makanan ini sudah dapat dinikmati. Saat ini, camilan ini sulit untuk ditemukan, namun terkadang beberapa warung masih menjualnya.

 

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Malam Hari di Pesisir Pantai Talise Teluk Palu

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya