TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Sosis Khas Spanyol yang pasti Bikin Ketagihan Sekali Coba 

Nikmatnya bakalan bikin kamu lupa diri!

morcilla de burgos (instagram.com/josedediosquevedo)

Sosis merupakan salah satu makanan yang paling serbaguna. Makanan ini dapat dijadikan camilan atau tambahan makanan lainnya seperti burger, sandwich, roti, atau kentang goreng.

Spanyol adalah negara yang mempunyai jenis sosis yang terkenal nikmat. Sosis asal negara ini terbuat dari bahan pilihan yang kaya akan rempah yang tentu menggugah selera.

Berikut lima jenis sosis asal Spanyol yang membuat hidangan lain makin mantap. 

1. Chistorra

chistorra (instagram.com/la_burguesia_gourmet)

Chistorra merupakan sosis yang dibuat dengan bahan-bahan seperti daging babi, baik dari perut atau rahangnya. Kemudian bagian daging ini terkadang dicampur dengan daging sapi cincang. Bahan tersebut biasanya dibumbui dengan bawang putih, garam, dan paprika. Warna merah khasnya berasal dari paprika.

Sebelum dihidangkan, sosis ini dapat digoreng atau dipanggang. Chistorra sering dikombinasikan dengan beragam menu lain, seperti burger, roti, kentang, daging, hingga telur.

Baca Juga: 5 Ragam Rebusan Khas Spanyol yang Bikin Lidah Bergoyang

2. Chorizo

chorizo (instagram.com/odysseusbog)

Chorizo merupakan sosis yang terbuat dari daging babi cincang dan lemak. Kemudian bahan tersebut dibumbui dengan paprika, namun dapat juga ditambahkan dengan bawang putih. Kombinasi semua bahan ini lalu dimasukkan ke dalam casing alami.

Chorizo mempunyai warna merah. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan paprika khusus yang bernama pimenton. Sosis ini mempunyai kombinasi rasa yang gurih dan pedas. 

3. Morcilla de Burgos

morcilla de burgos (instagram.com/josedediosquevedo)

Morcilla de burgos merupakan sosis darah yang dibuat secara tradisional di provinsi Burgos. Sosis ini menjadi salah satu dari banyak ragam sosis darah atau puding hitam yang terdapat di seluruh dunia.

Morcilla de burgos tidak menggunakan daging apa pun dalam proses pembuatannya, melainkan dibuat dengan memotong dan menumis bawang bombay dengan mentega, kemudian mencampurkannya dengan nasi, lemak babi, darah, dan rempah-rempah. Kombinasi bahan ini lalu digunakan untuk mengisi casing sosis sebelum dimasak.

4. Botifarra

botifarra (instagram.com/canbatet_olot)

Botifarra merupakan sosis yang terbuat dari daging babi dan banyak rempah-rempah dan bumbu. Beberapa jenis sosis ini terkadang terbuat dari bahan-bahan yang tidak biasa yang mencakup truffle, telur, nasi, dan babat dalam campurannya.

Sosis ini umumnya tidak dimasak, namun dapat juga direbus ketika disiapkan dalam hidangan yang dikenal sebagai escudella i carn d'olla, yaitu makanan tradisional Catalan yang terdiri dari sayuran rebus, daging, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 5 Jenis Sosis Paling Populer di Swedia, Tertarik Mencoba?

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya