TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Makanan Lokal Helsinki yang Harus Kamu Cicipi Saat Berada di Sana

Makanan lokal Helsinki seenak apa ya?

blini (Instagram.com/alexandra.sarigianni)

Finlandia mempunyai ibu kota yang bernama Helsinki. Jika berkunjung ke kota ini, tidak lengkap rasanya bila tidak menikmati wisata kulinernya yang terkenal beragam.

Mulai dari sosis, kue, sup, hingga pancake dapat dicicipi di kota cantik ini. Berikut tujuh hidangan lokal yang harus kamu cicipi saat berada di Helsinki. Enak semua lho!

1. Grillimakkara

grillimakkara (Instagram.com/verymerrycloudberry)

Grillimakkara merupakan makanan yang dihidangkan sebagai tradisi musim panas. Sosis ini dimasak di atas api unggun dan dimakan dengan mustard. Wisatawan dapat menemukannya di Helsinki yang dijual oleh pedagang kaki lima.

2. Runeberg Torte

Runeberg torte (Instagram.com/alto_maki)

Runeberg torte adalah kue rum melingkar yang berukuran kecil dengan lapisan gula dan selai. Kue ini biasanya hanya dijual di awal tahun menjelang Hari Runeberg pada 5 Februari.

Baca Juga: Fakta Unik Budaya Sauna di Finlandia, Jadi Pusat Sauna Dunia!

3. Pulla

pulla (Instagram.com/monkeyweddings)

Pulla adalah sejenis roti kayu manis Finlandia. Roti ini sangatlah populer, yang membuatnya dijual di banyak toko roti dan kafe. Kue-kue ini berbentuk lebih seperti roti gulung dan di atasnya biasanya diberi dengan gula icing dan kenari.

4. Sup Kacang

sup kacang (Instagram.com/nourishplant)

Sup kacang khas Finlandia ini terkadang disebut sebagai Sup Kamis. Hal tersebut dikarenakan secara tradisional dihidangkan pada hari Kamis. Makanan ini seringkali didampingkan dengan roti gandum hitam yang dicelupkan ke dalam sup.

5. Blini

blini (Instagram.com/alexandra.sarigianni)

Blini merupakan sejenis pancake lezat. Pancake ini sebenarnya berasal dari Rusia. Namun orang Finlandia membuat resepnya sendiri dengan menawarkan isian yang gurih.

Penduduk negara ini telah menambahkan topping termasuk krim asam, bawang, acar, mayones, atau udang.

6. Kaalikääryleet

kaalikääryleet (Instagram.com/jalotofu)

Kaalikääryleet adalah makanan yang berupa gulungan gubis. Makanan ini terdiri dari daun kubis kukus dengan daging, bawang, dan rempah-rempah.

Kaalikääryleet ini bisa dijadikan camilan lezat atau hidangan pembuka yang nikmat.

Baca Juga: Rasanya Aneh, Hindari 5 Makanan Ini Saat Traveling ke Finlandia

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya