TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Berbungkus Daun dengan Isian Gurih Ini Mampu Mengusir Lapar

Makanan praktis yang mudah dibawa ke mana saja!

Ilustrasi bacang (instagram.com/bakcangmowoty)

Tanpa harus menciduk nasi putih dan lauk, makanan berbungkus daun dengan isian gurih ini mampu memberi rasa kenyang sehingga bantu kamu terhindar dari sakit perut akibat menahan rasa lapar.

Ada makanan apa saja yang dimaksud? Yuk, cobain satu per satu!

1. Gogos ikan

instagram.com/gogosikantuna_cm

Bagi kamu penyuka ikan, makanan berbungkus daun yang cukup populer di Sulawesi dan Maluku ini bisa dijadikan pilihan. Kenapa? Karena gogos ikan memiliki isian berupa tumis ikan. Ikan untuk gogos umumnya adalah ikan laut, ikan tongkol, atau ikan tuna.

Sedangkan gogos sendiri berbahan dasar beras ketan dan santan. Bisa dibilang gogos ikan adalah lempernya masyarakat Indonesia dari wilayah timur.

Baca Juga: 9 Nama Unik Bungkus dari Daun Pisang, Yakin Kamu Sudah Tahu?

2. Bakcang

instagram.com/bakcang32

Makanan alkuturasi dari budaya Tiongkok ini juga bisa mengusir rasa lapar meski hanya memakan satu buah. Bakcang berbahan utama beras ketan yang dibungkus daun bambu dengan bentuk segitiga.

Dahulu, bakcang terkenal sekali memiliki isian berupa daging babi cincang. Seiring berkembangnya zaman, bakcang dapat dinikmati dengan isi daging ayam atau sapi.

3. Lemper

instagram.com/haru_ixoraa

Terbuat dari beras ketan, lemper dapat memiliki isian gurih apa saja. Namun, yang cukup terkenal adalah daging ayam cincang. Makanan berbungkus daun yang ini sering dipilih untuk mengisi snack box karena lezatnya juga mampu mengganjal perut.

Lemper dapat disajikan dua cara yaitu dikukus saja atau dikukus kemudian dibakar di atas bara api yang memunculkan aroma sedap menusuk hidung.

4. Arem-arem

instagram.com/aremarem.merem

Sering dibilang mirip lemper, arem-arem sendiri terbuat dari beras. Isi dari arem-arem tidak hanya daging cincang. Para vegetarian dapat menikmati arem-arem dengan isi sayuran.

Makanan berbungkus daun pisang ini enak banget jika dikunyah bersama cabai rawit, dijamin ketagihan!

Baca Juga: Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning ala Yummy App, Cocok Jadi Stok Makanan

Verified Writer

Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya