TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ragam Nasi Campur Khas Sumatra, Jangan Cuma Tahu Nasi Padang!

Lezatnya sama dengan nasi padang

ilustrasi nasi kapau (instagram.com/nasikapau_udajack)

Pasti dari kalian ada yang bertanya-tanya, kenapa nasi padang disebut nasi campur? Sebab, nasi padang pada umumnya disajikan dengan bermacam lauk dan pelengkap yang bila ditotal lebih dari tiga macam. Sebab itu, nasi padang masuk kategori nasi campur.

Ternyata gak cuma nasi padang saja, lho. Lima ragam kuliner khas Sumatra ini juga disebut nasi campur. Mana saja yang pernah kamu makan?

1. Nasi campur medan

ilustrasi nasi gurih Medan (instagram.com/meilyndw)

Pelesiran ke Medan jangan cuma menikmati lezatnya nasi kentut saja. Ada pula nasi campur medan yang nikmat banget disantap di segala waktu. Lalu, seperti apa nasi campur medan itu?

Nasi campur medan sering disebut juga sebagai nasi gurih medan. Sebab, memang terdapat bumbu rempah dan nasi pada saat pengolahan nasinya. Sayur tauco pedas, telur balado, ayam goreng, keripik kentang, sampai sambal teri kacang sering adalah deretan pelengkap dan lauk khas nasi campur medan.

Baca Juga: 7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!

2. Nasi gemuk

ilustrasi nasi gemuk (instagram.com/foodcraving.id)

Apakah nasi gemuk bisa bikin gemuk? Jawabannya bisa jadi, jika kamu menikmatinya secara berlebihan. Namun, bukan berarti menikmati seporsi hidangan ini bisa langsung bikin gemuk, ya.

Memiliki rasa gurih yang juara, rasanya ada yang kurang jika hanya menikmati nasi khas Jambi ini sekali. Nasi gemuk juga semacam nasi gurih, karena dimasak juga dengan menggunakan santan serta bumbu rempah seperti jahe. Ayam goreng, telur dadar, ikan teri goreng, dan kacang goreng jadi lauk khas nasi gemuk. Olahan nasi ini juga identik sekali dengan pelengkap sambal terasi.

3. Nasi kapau

ilustrasi nasi kapau (instagram.com/culinary_spot)

Nasi kapau juga bisa disebut sebagai nasi campurnya Sumatra, lho. Sebab, nasi kapau memiliki beragam lauk dan pelengkap yang nikmat. Selain nasi padang, nasi kapau jadi kuliner khas Minangkabau yang difavoritkan.

Nasi kapau sendiri berasal dari wilayah Agam, Sumatra Barat. Ciri khas mencolok dari nasi kapau terletak dari pelengkapnya yang biasa diberi lezatnya gulai tambusu, yakni gulai yang terbuat dari usus sapi yang diisi dengan telur berbumbu.

Selain itu, nasi kapau juga identik dengan lauk berupa dendeng balado. Lauk atau pelengkap lainnya yang mengiringi kelezatan nasi kapau terdiri dari sayur nangka muda, olahan rebung, kacang panjang, sampai lobak singgalang.

4. Nasi gurih aceh

ilustrasi nasi gurih aceh (instagram.com/kakefoodie)

Nasi gurih aceh juga memiliki beragam lauk dan pelengkap yang khas terdiri dari sayur buncis, kering kentang, telur balado, sampai perkedel. Ada yang jadi ciri khas nasi gurih aceh yang membedakannya dengan nasi gurih lainnya, yaitu sambal belacan.

Ya, sambal belacan sering dipilih sebagai pelengkap menikmati nasi gurih aceh. Sambal belacan sendiri adalah sambal yang berbahan dari campuran terasi dengan tomat, bawang, dan cabai.

Baca Juga: 5 Hidangan dari Nasi Campur Daun Salam, Bikin Wangi Satu Dapur!

Verified Writer

Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya