TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Muesli, Jenis Sereal yang Paling Bergizi dan Bikin Kenyang

Paket komplit buat yang mau sarapan sehat dan gak mau ribet

eatwellnz.co.nz

Sarapan sehat nan bergizi merupakan ide bagus untuk menjadi pengawal hari yang penuh dengan kegiatan. Sarapan akan menjadi 'bahan bakar' yang mendongkrak semangat dan energi. Definisi sehat nan bergizi bisa diartikan menjadi sesuatu yang kaya serat, karbohidrat dan protein, ketiga hal tersebut bisa didapatkan dalam muesli. 

Apa itu muesli? Bagaimana rasanya? Berapa banyak manfaatnya untuk tubuh?  Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, simak lima fakta muesli di bawah ini!

1. Apa itu muesli?

delishknowledge.com

Muesli terbuat dari campuran oat giling, kacang-kacangan, buah kering, dan butiran gandum. Berbeda dari oat biasa, muesli bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin. Muesli sangat cocok dijadikan bahan utama untuk overnight oat yang ideal dinikmati sebagai menu sarapan sehat.

Baca Juga: Ternyata Ada 6 Jenis Gandum yang Sering Kita Konsumsi Loh!

2. Bagaimana cara mengonsumsinya?

mysecondbreakfast.com

Meskipun terdiri dari berbagai campuran bahan makanan siap santap tapi mengonsumsi muesli paling lezat dengan tambahan susu atau yoghurt. Muesli yang langsung dimakan tanpa tambahan susu atau yoghurt bertekstur terlalu kering. 

3. Berapa banyak manfaatnya untuk tubuh?

kitchentreaty.com

Muesli mengandung sedikit gula dan kaya serat. Rasa gurih dan manisnya muesli tercipta dengan alami tanpa tambahan pemanis buatan. Kombinasi bahan-bahan di dalamnya juga kaya serat sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Cocok banget dikonsumsi saat sedang diet.

4. Muesli vs granola, mana yang lebih sehat?

diys.com

Mengulas muesli tak lengkap bila melewatkan kerabat dekatnya, granola. Pada dasarnya muesli dan granola sama-sama terbuat dari campuran oat, kacang-kacangan, buah kering dan butiran gandum, yang membedakannya adalah cara pengolahannya.

Oat dalam granola dipanggang terlebih dahulu dan dicampur bersama semua bahan dengan tambahan madu atau sirup manis. 

Sedangkan muesli terbuat dari oat mentah yang dicampur bahan-bahan lain tanpa tambahan pemanis apapun. Sehingga untuk takaran gizinya, muesli lebih sehat dibanding granola.

Baca Juga: 5 Resep Minuman dari Bahan Oat, Auto Segar dan Bikin Kenyang

Verified Writer

SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya