TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Ini Memiliki Kalsium Tinggi, Tak Kalah dengan Susu! 

Sudah enak, bikin sehat lagi

Ilustrasi dessert sehat (pixabay.com/RitaE)

Kalsium merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Baik anak-anak hingga lansia, kebutuhan kalsium harus tercukupi tiap harinya. Jika kebutuhan kalsium tidak tercukupi, tentu akan berdampak buruk bagi tubuh. Misalnya, tubuh akan mengalami berbagai penyakit seperti gangguan pada tulang dan gigi, nyeri otot, bahkan kelelahan kronis.

Setiap harinya, anak-anak mulai usia 5 tahun hingga orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium dengan dosis minimal 1.000 mg. Bahkan, untuk lansia konsumsi kalsium bisa ditingkatkan menjadi 1.300 mg per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium ini biasanya banyak orang memilih untuk banyak minum susu. Padahal, kebutuhan kalsium tidak hanya berasal dari susu saja. Berikut lima makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi, bahkan kamu bisa menemukannya secara mudah di toko makanan ataupun pasar.

1. Yogurt plain

Ilustrasi yogurt (pixabay.com/Einladung_zum_Essen)

Yogurt alami (plain) bisa menjadi opsi lain apabila kamu memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Meski terbuat dari susu, dalam pembuatan yogurt ada tahap fermentasi. Selain itu, yogurt mengandung bakteri baik yang lebih kecil sehingga mudah diserap oleh tubuh. Dari cara pengolahan dan kandungan yogurt inilah bisa menekan terjadinya reaksi alergi dibandingkan minum susu secara langsung.  

Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung mikroorganisme yang berfungsi untuk meningkatkandan memperbaiki sistem pencernaan. Mikroorganisme tersebut juga membantu dalam menyerap kalsium dalam tubuh. Kamu dapat mencoba mengonsumsi yogurt dengan porsi harian yang sama seperti susu.

Baca Juga: 9 Makanan Nabati yang Mengandung Kalsium Tinggi, Catat!

2. Keju 

Ilustrasi keju (pixabay.com/HNBS)

Sebagai produk olahan susu, kalsium yang dimiliki oleh keju dua kali lipat dari susu murni. Selain itu, keju juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Keju biasanya digunakan sebagai bahan campuran pada roti atau olahan makanan lainnya. Sebagai referensi, kamu dapat membuat olahan makaroni atau pasta dengan saus keju.

Kamu juga bisa menyampurkan parutan keju pada salad buah. Meski memiliki banyak manfaat, tapi tidak disarankan untuk mengonsumsi keju secara berlebihan. Hal ini karena kandungan kalori pada keju tergolong tinggi sehingga dapat memengaruhi berat badan seseorang.

3. Biji-bijian  

Ilustrasi biji-bijian (pixabay.com/ulleo)

Biji-bijian memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Terlebih biji wijen hitam yang memilliki kandungan kalsium delapan kali lipat dari susu. Tidak hanya itu, biji-bijian lain seperti selasih, biji wijen putih, biji lanen pun memiliki banyak kandungan kalsium yang bermanfaat bagi tubuh.

Kamu dapat mengonsumsinya dengan mencampurnya ke dalam makanan atau minuman. Biasanya, biji-bijian ini disajikan bersama oats atau jus buah. Kamu juga bisa berkreasi dengan membuat olahan makanan atau minuman lain agar lebih menarik dan tidak membosankan.

4. Sarden 

Ilustrasi sarden (pixabay.com/monicore)

Makanan ini tentu banyak ditemukan di supermarket sekitar rumah. Selain harganya yang murah makanan ini juga bisa diolah secara mudah. Untuk memperoleh kalsium yang lebih besar, kamu dapat mengkreasikan olahan sarden dengan mencampurnya dengan sayur-mayur.

Sarden memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Makanan ini juga sangat cocok untuk kamu yang sedang berdiet, pasalnya sarden juga memiliki kandungan lemak baik bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Kalsium Bagi Penderita Hipokalsemia!

Verified Writer

Salma Bela

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya