TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Populer di Dunia

Rasanya nano nano di lidah saat kamu memakannya

Pad thai (unsplash.com/markuswrinkler)

Bukan hanya thai tea atau mango sticky rice, kuliner Thailand yang populer di dunia. Ada pad thai yang merupakan mi goreng enak khas Negeri Gajah Putih tersebut. Sajian ini memiliki isian yang komplit dengan rasa yang unik.

Pad thai banyak jadi favorit warga dunia. Mereka tak pernah mau melewatkan kesempatan untuk menikmati pad thai asli Thailand yang enak banget. Penasaran seperti apa sih pad thai itu? Berikut beberapa fakta menarik tentang pad thai.

1. Pad thai dipengaruhi budaya Tiongkok

Pad thai (instagram.com/chefkoch)

Pad thai adalah mi goreng tradisional Thailand yang cukup banyak mendapat pengaruh Tiongkok. Makanan ini memiliki isian yang cukup lengkap.

Pad thai khas Thailand ini dibuat dari mi, udang, tauge, lobak, kacang dan telur dadar. Cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan cara digoreng. Yang unik dari hidangan mi khas Thailand ini adalah adanya jeruk lemon sebagai makanan pendampingnya. 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Pad Thai yang Cocok Dijadikan Ide Menu Makan Lezat

2. Asal mula pad thai

Pad thai (instagram.com/303foodie)

Pada tahun 1940 terjadi krisis beras di Thailand. Untuk mengatasi krisis beras pada saat itu, Plaek Pibulsongkram mengenalkan mi sebagai alternatif sementara pengganti nasi.

Awalnya masyarakat Thailand tidak mau menerima pad thai sebagai salah satu makanan mereka. Namun lambat laun pad thai mulai diterima bahkan jadi kuliner nasional Thailand. 

3. Menggunakan mi beras sebagai bahan utamanya

Pad thai (instagram.com/hollysfoodbible)

Awalnya dalam pembuatan pad thai menggunakan mi gandum khas Tiongkok. Namun pemerintah Thailand mulai membuat produk mi sendiri yang dibuat dari beras yang diberi nama sen chan.

Hingga kini pad thai selalu identik dengan mi beras di dalamnya. Dan menjadi simbol nasionalisme masyarakat Thailand. 

4. Cara unik menyantap pad thai

Pad thai (instagram.com/flabssometimesabs)

Dalam menyantap pad thai warga Thailand memiliki cara tersendiri yaitu mencampur semua makanan pendamping yang biasa disajikan bersama pad thai. Makanan pendamping tersebut adalah bubuk cabai, Kacang tumbuk, saus ikan dan jeruk lemon. Semuanya diaduk menjadi satu dalam pad thai, hingga terasa semua rasa asin, gurih dan asam dalam hidangan mi khas Thailand ini. 

Baca Juga: 9 Hidangan Berbahan Mi Khas Thailand yang Nikmat, Gak Cuma Pad Thai!

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya