TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kuliner Khas Lubuklinggau yang Sayang kalau Dilewatkan, Yuk Cicipi!

Kelezatannya menggoyang lidah #LokalIDN

Stik (instagram.com/nitzkitchen)

Lubuklinggau merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Berlibur ke kabupaten ini kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi ragam kuliner khas bercita rasa unik yang kelezatannya menggoyang lidah. Semua hidangannya hanya menggunakan bumbu rempah-rempah lokal yang berkualitas.

Kira-kira apa saja ya kuliner khas dari Lubuklinggau? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Martabak india

Martabak india (instagram.com/cipafix)

Martabak india terbuat dari telur yang dicampur dengan daging sapi yang telah ditumis, bawang bombay, dan daun bawang. Sekilas martabak india tak jauh berbeda dengan martabak telur yang biasa kamu temui.

Perbedaan kedua martabak ini terletak pada cara penyajiannya. Martabak india khas Lubuklinggau disantap dengan menambahkan santan dan kari bubuk. Cita rasanya tentu saja gurih dan lezatnya bikin nagih.

Baca Juga: Super Menggiurkan, 5 Kuliner Khas Musi Rawas yang Bikin Penasaran 

2. Stik

Stik (instagram.com/nitzkitchen)

Stik terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, margarin, garam, bawang putih, bawang merah, air, telur, dan seledri. Tapi, selain bahan-bahan tersebut kamu juga bisa menambahkan ubi ungu, wortel, dan bayam.

Stik yang memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah ini sangat populer di kalangan wisatawan. Tak heran jika stik banyak diborong untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Burgo

Burgo (instagram.com/viverastories)

Burgo merupakan makanan yang berbahan dasar dari tepung, sagu, dan santan. Burgo memiliki cita rasa yang sedikit asam dengan tekstur yang kenyal, dan lembut. Supaya lebih lezat, kamu bisa menyantap burgo dengan menambahkan telur, daging, dan sambal.

4. Pempek

Pempek (instagram.com/agakenyang)

Seperti yang diketahui, pempek merupakan makanan khas kota Palembang. Tapi ternyata keberadaan pempek di Kabupaten Lubuklinggau juga cukup populer, lho.

Sebenarnya makanan yang dilengkapi dengan ikan, telur, daging, dan disajikan dengan kuah cuko ini tak jauh berbeda dengan yang ada di Palembang. Hanya saja pempek dari Lubuklinggau cita rasanya lebih khas.

Baca Juga: 10 Kue Panci Khas Sumatera yang Enak Dijadikan Kudapan Kala Santai

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya