TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini 6 Ide Memasak Kentang Biar Menumu Gak Gitu-Gitu Aja!

Yang diet kentang nih, biar nggak bosen

Realfood.tesco.com

Kentang mungkin bukan merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Tetapi saat ini sudah banyak orang memilih untuk mengganti nasi dengan kentang. Alasannya, karena kentang lebih sehat serta memiliki kalori lebih rendah dari nasi. Tetapi selama ini kita mengolah kentang hanya dengan dipanggang, direbus atau ditumbuk. Padahal, sebenarnya banyak lho cara mengolah kentang yang membosankan menjadi sajian yang spektakuler.

Mau tau lebih lanjut apa ragam masakannya? Berikut ini beberapa cara kreatif mengolah kentang agar menjadi sajian yang nggak ngebosenin.

1. Aloo Gobi

Shutterstock.com

Pertama, ada sajian bernama Aloo Gobi khas India nih! Aloo Gobi merupakan hidangan berisi kembang kol, kentang, tomat dan masih banyak lagi yang kemudian dibumbui sedemikian rupa, yang cocok disajikan sebagai menu vegetarian di rumah.

Aloo Gobi ini adalah menu yang menyehatkan dan tentunya simpel banget untuk dibuat. Caranya, goreng kembang kol dan kentang. Setelah agak kecokelatan, tiriskan. Kemudian tumis bawang cincang, tambahkan bumbu-bumbu seperti pasta jahe, bawang putih, jinten, cabai bubuk, ketumbar, kunyit, dan terakhir masukkan tomat. Setelah bumbu dimasak menjadi saus, kemudian masukkan juga kol dan kentang yang telah digoreng.

FYI, Aloo Gobi bakalan nikmat banget dimakan selagi panas. Hmm!

2. Potato Waffle

Landolakes.com

Berikutnya adalah menu yang sudah familiar, yaitu wafel. Kali ini, kentang diolah menjadi makanan yang cocok dinikmati segala usia. Memasak wafel kentang cukup mudah, dengan mencampur kentang tumbuk dan tepung, kemudian tambah garam, telur serta lada secukupnya. Kemudian masak adonan dalam cetakan, dan tunggu hingga matang.

Nah, agar wafelmu lebih menggungah selera, boleh banget disajikan bersama sosis dan bacon, atau keju sebagai topping.

3. Kugel

Kosher.com

Kugel, merupakan sajian tradisional berupa puding atau kaserol panggang, yang biasanya terbuat dari kentang atau mi telur. Cara memasak hidangan ini juga cukup sederhana. Pertama, kentang sebagai isian kaserol dikupas dan diparut. Selanjutnya, campur bawang yang sudah dikupas bersama telur, lada, garam, dan minyak sayur. Kemudian panggang adonan tersebut hingga kecoklatan, dan selesai!

Untuk mempercantik, kamu bisa mengkreasikan topping apapun sesuai selera. Tertarik untuk mencoba?

4. Dublin Coddle

realfood.tesco.com

Hidangan tradisional dari Irlandia berikut juga bisa kamu coba nih, untuk dikreasikan dengan kentang. Makanan satu ini tidak membutuhkan banyak bahan untuk dimasak, yakni hanya sosis/daging, bacon, kentang dan wortel. Dublin Coddle dimasak dengan beberapa lapisan.

Lapisan pertama, masukkan sosis, bacon dan daun salam. Kemudian tambahkan dengan lapisan kentang dadu di atasnya. Selanjutnya, masukkan kaldu dan masak selama 30 menit hingga mendidih. Terakhir, masukkan dublin coddle dalam oven, tunggu hingga kecoklatan. Hidangkan selagi panas.

5. Boxty

Realfood.tesco.com

Untuk yang suka pancake, bisa membuat hidangan satu ini. Boxty adalah pancake kentang favorit orang-orang Irlandia. Bagi yang sudah sering membuat pancake, membuat boxty inipun tidak jauh berbeda. Membuat Boxty ini tidak membutuhkan waktu lama. Cocok banget dijadikan sajian saat sarapan, yang nggak akan membuatmu terlambat pergi ke kantor. Agar lebih mengenyangkan, kamu bisa menyajikan Boxty bersama telur. Dijamin bakal kenyang seharian!

Verified Writer

Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya