TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Osechi Ryori dan Sup Ozoni, Hidangan Tahun Baru Khas Jepang

Sajian menu nikmat dengan ragam makna dan harapan

ilustrasi osechi ryori (senpaijapan.jp)

Setiap negara punya tradisi dan hidangan khusus untuk menyambut semarak tahun baru. Begitu pun dengan Jepang. Negeri Sakura ini tak hanya memiliki sejumlah tradisi unik. Akan tetapi, Jepang juga punya ragam hidangan spesial untuk  merayakan tahun baru.

Salah satu makanan yang disajikan saat tahun baru di Jepang adalah set menu osechi ryori dan sup ozoni. Apakah kedua hidangan tersebut cukup asing di telingamu? Kamu bisa simak artikel ini untuk mengenal osechi ryori dan sup ozoni lebih lanjut.

Apa itu osechi ryori dan sup ozoni?

ilustrasi osechi ryori (byfood.com)

Konon, osechi sudah ada sejak zaman Yayoi. Dulu, hidangan ini disajikan sebagai persembahan untuk dewa pada festival panen yang disebut Sekku. Persembahan ini sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas berkah panen yang melimpah.

Seiring berjalannya waktu, festival ini mengadakan acara-acara yang diadaptasi dari CHina. Nama festival Sekku pun berganti menjadi Osechikuyang jadi cikal bakal nama "osechi".

Pada zaman Edo, orang-orang di Jepang mengadaptasi acara yang mulanya hanya boleh dilakukan oleh bangsawan ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sejak saat itu istilah "osechi ryori" muncul dan menjadi  salah satu tradisi tahun baru di Jepang hingga kini.

Umumnya, osechi ryori dikemas dalam 5 kotak yang disusun ke atas. Empat kotak teratas berisi makanan, sedangkan kotak terbawah dibiarkan kosong untuk mendapatkan berkah dari dewa. Namun, osechi ryori lebih sering disajikan dalam jubako bertingkat 3 saja.

Sementara itu, sup ozoni merupakan salah satu hidangan yang jadi isi osechi ryori. Di Jepang, sup ini disajikan dengan isian yang berbeda-beda di setiap wilayahnya.

Dua sup ozoni yang populer berasal dari Kansai dan Kanto. Sup ozoni ala Kansai berbahan dasar miso dengan isian mochi, sedangkan sup ozoni ala Kanto disajikan dengan mochi panggang, ayam, dan bayam mustard. Sup ini biasa dinikmati pagi hari saat tahun baru.

Kategori utama osechi ryori

ilustrasi osechi ryori (nicejapan.co.nz)

Menu osechi ryori biasanya disajikan dalam 5 kotak berbeda. Kelima kotak jobaku tersebut terbagi ke dalam beberapa kategori utama yaitu:

1. Iwai zakana san-shu (祝い肴三種) merupakan tiga makanan keberuntungan.

2. Kuchi Tori (口取り merupakan hidangan pembuka.

3. Yakimono (焼き物) merupakan hidangan dipanggang.

4. Sunomono (酢の物) merupakan hidangan bercuka.

5. Nimono (煮物) merupakan hidangan yang direbus.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Osechi Ryori, Hidangan Utama saat Tahun Baru di Jepang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya