TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Trivia Ayam Pop, Ayam Goreng Khas Minang yang Banyak Penggemarnya

Salah satu lauk nasi padang yang jadi primadona

ilustrasi pegawai rumah makan padang (commons.wikimedia.org/Betari Ratih)

Bingung mau makan apa? Nasi padang solusinya. Nasi Padang cocok disantap baik pagi, siang, maupun malam hari. Perpaduan nasi putih hangat dan lauknya seperti rendang, gulai, ayam pop, telur barendo, singkong rebus, dan sambal hijau yang pedas bikin napsu makan meningkat.

Selain rendang, lauk yang jadi primadona adalah ayam pop. Ayam goreng yang tampilannya putih pucat ini punya rasa yang gurih dan lezat, apalagi jika ditambah nasi dan sambal merahnya. Maknyus, top markotop!

Kalian yang suka ayam pop, harus tahu nih serba-serbi menarik ayam pop berikut ini. Cari tahu lebih lengkap tentang ayam pop lewat artikel ini, yuk! 

Baca Juga: Resep Gulai Cincang Kikil ala Masakan Restoran Padang

1. Ayam pop, ayam goreng berwarna putih yang lembut

ilustrasi ayam pop (commons.wikimedia.org/S Kartika)

Ayam pop adalah salah satu lauk pada nasi Padang yang populer. Ayam pop ini sebenarnya merupakan jenis ayam goreng. Uniknya walaupun ayam goreng, ayam pop berwarna putih, dengan tekstur lembut, dan tidak terlalu renyah. 

Istimewanya lagi, ayam pop juga direbus dahulu dengan air kelapa dan aneka bumbu sebelum digoreng sehingga ayam pop jadi gurih dan lezat. Barulah setelah direbus, ayam pop digoreng sebentar, dan membuat teksturnya masih lembut alih-alih renyah.

Biasanya, ayam pop paling nikmat dimakan bersama dengan ansi putih, sambal merah, dan daun singkong rebus. Mantap!

2. Ayam pop berasal dari Bukittinggi

ilustrasi pegawai rumah makan padang (commons.wikimedia.org/Betari Ratih)

Asal-usul dari ayam pop diduga dari suatu restoran di Bukittingg bernama Family Benteng Indah yang sudah ada sejak gahun 1950-an. Restoran ini menjadi pionir dalam membuat dan menjual ayam pop. Konon katanya, ayam goreng yang dijual restoran Family Benteng Indah ini lezat dan banyak diburu oleh pelanggannya. 

Suatu hari, saat banyak pesanan ayam goreng, sang pemilik restoran pun mencoba membuat ayam yang direbus dulu dengan santan dan cincangan bawang putih, lalu digoreng sebentar, agar pelanggan tak menunggu lama. Ternyata, ayam goreng tesebut menjadi populer karena memiliki rasa yang gurih, beraroma khas kelapa, dan lembut yang disukai oleh pelanggan.

Ayam ini juga menjadi kegemaran orang Tionghoa di Bukittinggi karena mirip dengan ayam hainan. Nama 'pop' dalan ayam pop sendiri diduga karena restoran tersebut sering mengadakan pertunjukan musik pop.

Baca Juga: [QUIZ] Jangan Ngaku Pencinta Masakan Padang kalau Gak Tahu Lauk Khas Masakan Padang Ini!

Verified Writer

Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya