TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Makanan yang Ampuh Menutrisi Kulit Kering dengan Baik

Tipe kulitmu kering gak nih, girls?

Unsplash/Larm Rmah

Kulit kering merupakan salah satu masalah kulit yang sering membuat cewek pusing dan menderita. Karena jika dibiarkan kulit kering ini bisa memicu berbagai masalah lain seperti iritasi hingga peradangan yang serius.

Untuk menghindari efek samping dan bahaya dari bahan kimia yang terdapat dalam berbagai produk kecantikan, berikut ini 5 rekomendasi makanan yang ampuh menutrisi kulit keringmu dengan baik.

1. Alpukat

Unsplash/Thought Catalog

Alpukat merupakan makanan wajib yang harus berada di daftar ini, sebab alpukat memiliki asam oleat yang dapat menjaga kelembaban di lapisan epidermis kulit. Kandungan asam oleat juga bisa membantu meregenarasi sel kulit yang rusak dan membuat kulit terasa lembut dan terhidrasi dengan baik.  

2. Biji rami

livestrong.com

Mungkin jenis biji-bijian yang satu ini masih terdengar asing di telinga orang Indonesia. Biji rami ini berasal dari Inggris dan banyak dimanfaatkan salah satunya untuk berbagai masalah kulit seperti kulit kering. Biji rami mengandung asam lemak essensial yang dapat menjaga kelembaban kulit.

Biji rami juga tidak hanya dikonsumsi secara langsung, untuk lebih praktis dan mudah kita bisa membeli biji rami yang sudah diubah menjadi ekstrak berupa minyak biji rami.

3. Sayur dan buah oranye

Unsplash/Markus Spiske

Sayur dan buah dengan warana oranye mengandung beta-caroten yang bila dikonsumsi akan berubah menjadi vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan salah satu vitamin yang memiliki fungsi sebagai kerusakan kulit akibat iritasi yang disebabkan oleh kulit kering . Beberapa contoh buah dan sayur yang bisa konsumsi seperti wortel, ubi jalar, dan labu.

4. Kacang-kacangan

Unsplash/Mira Bozhko

Sudah menjadi rahasia umum kalau kacang-kacangan memang sangat baik untuk kesehatan kulit, hal tersebut dapat dibuktikan melalui kandungan vitamin E yang tinggi dalam kacang-kacangan. Selain mengandung vitamin E ternyata kacang-kacangan juga bisa melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV yang kerap menjadi penyebab kulit kering.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat direkomendasikan ialah kacang brazil. Sebab di dalam kacang brazil terdapat selenium yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Verified Writer

alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya