TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Jenis Tapas, Camilan Khas Spanyol yang Beragam nan Lezat!

Mulai dari kentang, ikan teri, hingga gurita!

hogarmania.com

Jika kita berlibur ke suatu negara, belum afdol rasanya jika belum mencicipi makanan tradisional khas negara tersebut. Tak terkecuali dengan Spanyol, negeri indah di benua Eropa yang memiliki makanan khas yang disebut tapas. 

Bukan hanya satu macam, tapas merupakan hidangan yang kerap disajikan dalam porsi kecil sebagai camilan yang dapat berupa telur, kentang, ikan teri, dan masih banyak lagi. Penasaran?

1. Patatas Bravas

annarecetasfaciles.com

Kentang yang digoreng dan dilumuri saus pedas memang cocok banget untuk dijadikan camilan! Dilansir dari The Spruce Eats, Patatas Bravas adalah salah satu jenis tapas yang paling populer di Spanyol.

Nama Bravas didapatkan dari nama bar yang dipercaya sebagai tempat ditemukannya makanan lezat ini untuk pertama kali, yakni Las Bravas. Perpaduan kentang goreng yang berbentuk kotak serta saus pedas dengan sensasi rasa Tabasco dijamin akan menggoyang lidahmu!

2. Croquetas de Jamon

cocinatis.com

Nama Croquetas terdengar hampir sama dengan kroket, makanan dari kentang yang digoreng dengan bentuknya yang bulat. Tak jauh beda, Croquetas de Jamon juga terbuat dari kentang, lho!

Dilansir dari Business Insider, makanan khas Spanyol ini kerap menambahkan daging ayam, sapi, ataupun sayuran sebagai isiannya.

3. Tortila Espanola

eatthis.com

Tortila Espanola juga dikenal dengan nama Spanish Omelette. Dilansir dari The Spruce Eats, bukan omelette biasa yang hanya terbuat dari telur, Tortila Espanola juga terbuat dari kentang, nih!

Makanan ini biasa disantap sebagai hidangan pembuka ketika sarapan.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Khas Spanyol yang Tebal dan Lezat, Coba Yuk!

4. Gambas al Ajillo

carolinescooking.com

Apakah kamu merupakan penyuka makanan laut alias seafood? Jika iya, dijamin kamu akan menyukai Gambas al Ajillo.

Dilansir dari The Spruce Eats, makanan ini terbuat dari udang yang dimasak dengan bawang dan minyak zaitun. Terdapat pula sedikit kuah yang kental akan rasa lada dan paprika yang akan menambah kelezatannya.

5. Pan con Tumaca

carolinescooking.com

Sekilas, Pan con Tumaca terlihat seperti roti yang dioleskan dengan selai biasa. Eits, selai yang terdapat dalam Pan con Tumaca bukan selai biasa, lho!

Dilansir dari Delishably, selai ini terdiri atas minyak zaitun, bawang, dan tomat. Unik, 'kan? Makanan ini pun kerap dimakan bersamaan dengan daging sapi.

6. Albondigas

dinneratthezoo.com

Albondigas merupakan jenis tapas yang terdiri dari bakso yang berasal dari daging sapi. Dilansir dari Dotravel, tak seperti bakso yang terdapat di Indonesia, kuah yang terdapat di dalam Albondigas tidak bening, tetapi berwarna merah karena menonjolkan rasa tomat. Tertarik untuk mencoba?

7.  Boquerones en Vinagre

sevilla.abc.es

Ingin menyantap ikan teri dengan sensasi dan rasa yang berbeda? Boquerones en Vinagre adalah jawabannya!

Dilansir dari Dotravel, sebagai salah satu tapas paling tradisional di Spanyol, Boquerones en Vinagre terbuat dari ikan teri yang dimarinasi dalam cuka, minyak, dan bawang putih.

Baca Juga: 10 Ungkapan "I Love You" dalam Bahasa Spanyol, Romantis!

Bagi kamu yang merupakan penggemar seafood, kamu wajib mencoba Pulpo a la Gallega, yakni tapas yang terbuat dari gurita. Dilansir dari Dotravel, sensasi gurita bakar yang disajikan di atas kentang rebus dan paprika panggang yang dilumuri dengan minyak zaitun dijamin akan menggoyang lidahmu.

Itulah 8 sajian camilan khas Spanyol, Tapas. Semuanya nampak lezat, ya! Tapas manakah yang paling ingin kamu coba?

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Verified Writer

Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya