TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Halal yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berada di Bali, Penasaran?

Makanan enak tak selalu dari luar negeri

kintamani.id

Saat berlibur ke Bali, pasti belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerahnya. Namun, kebanyakan rumah makan yang ada di Bali selalu menawarkan aneka kuliner babi.

Nah, buat kamu yang sedang mencari kuliner halal, yuk ajak keluarga kamu untuk mencicipi hidangan khas Bali. Berikut ini rekomendasi lima makanan halal yang wajib kamu cicipi saat berada di Bali!

1. Ayam betutu

Instagram.com/helloyummy_id

Ayam betutu merupakan jenis makanan tradisional khas Bali yang bahan mentahnya berupa daging ayam. Kata betutu berasal dari kata tunu yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging.

Berdasarkan uraian tersebut, betutu berarti 'daging yang dibakar'. Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan. Selain daging ayam, ada juga yang menggunakan daging bebek lho!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Terkenal di Mancanegara, Sudah Coba Semua?

2. Nasi campur ayam bali

Instagram.com/foodnov

Nasi campur ayam merupakan makanan khas Bali yang paling populer hingga saat ini. Bagi penduduk asli Bali, nasi campur ayam bali merupakan salah satu menu makanan mereka sehari-hari.

Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap disantap untuk menemani nasi putih hangat. Makan nasi campur bakal lebih nikmat, ketika kamu mencampurnya dengan sambel matah atau sambel embe khas Bali. Dijamin bikin kamu ketagihan!

3. Tipat blayag

Instagram.com/kulinerdenpasar

Kuliner tipat blayag khas Buleleng Bali adalah salah satu makanan khas dari Kabupaten Buleleng, Singaraja Bali. Tipat Blayag khas Buleleng ini memiliki pesona keunikan yang ramai diburu oleh para wisatawan dan sangat menarik untuk kamu coba.

Rasa tipat blayag khas Buleleng di Singaraja Bali ini pun mempunyai kenikmatan yang tiada taranya. Blayag adalah makanan tradisional khas Buleleng, berupa tipat yang dibungkus gulungan janur, disajikan dengan sayur urap, ayam sisir, sambel, kedelai goreng, keripik kulit, dan ayam bumbu kuah.

4. Rujak kuah pindang

Instagram.com/foodiegodisland

Rujak Kuah Pindang adalah kombinasi dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis atau rujak gula. Yang membedakannya dengan rujak biasa adalah pelengkapnya, yakni kuah kaldu.

Rasakan sensasi pedas sekaligus segar di lidah, saat kamu menyantap rujak kuah pindang dan cabe super pedas.

Baca Juga: 10 Makanan Tradisional Bali yang Wajib Masuk Daftar Kulineranmu

Verified Writer

Aji Wisnu

instagram.com/wisnu.aji21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya