TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Disadari, 8 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Saat Bakar Sate

Sepele tapi bisa mempengaruhi rasa lho

sbs.com.au

Sate, salah satu makanan khas Indonesia yang berhasil dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Selain lezat, proses memasak sate terbilang cukup mudah.

Namun sayangnya, ada beberapa hal keliru yang masih sering dilakukan banyak orang saat membakar sate. Hhmm...apa saja ya?

1. Terlalu banyak memasukkan potongan daging pada tusuk sate

tvwbb.com/Gary H

Setiap potongan daging akan terpanggang lebih sempurna jika diberi jarak di setiap potongannya. Kamu hanya perlu memastikan setiap potongan daging tidak saling bersentuhan sebelum dibakar.

2. Memotong daging dengan ukuran yang tidak sama

yalerecord.org

Potongan daging dengan ukuran yang tidak sama membuat waktu matang berbeda-beda pula. Nah, kalau sudah begini, biasanya akan ada daging yang sudah hampir gosong padahal potongan lainnya masih belum matang.

3. Menambahkan sayuran atau bawang ke dalam tusuk sate

fabwoman.ng

Menambahkan sayuran ke dalam tusuk sate tidak dianjurkan. Pasalnya, sayuran lebih cepat matang daripada daging. Sayuran yang dicampur ke dalam tusuk sate juga akan meninggalkan bau kurang sedap yang akan diserap daging.

Jika kamu menginginkan sayuran bakar, bakarlah secara terpisah dan tidak dicampur dengan daging.

4. Asal memakai jenis potongan daging

thanhskitchen.com

Khusus untuk kambing atau sapi, tidak semua jenis potongan daging cocok diolah menjadi sate. Beberapa koki ternama menyarankan pemakaian daging has dalam atau luar yang lebih empuk.

Baca Juga: 7 Kesalahan Memasak Minyak Zaitun yang Harus Kamu Tahu

5. Membakar arang menggunakan bensin atau minyak tanah

youtube.com/TheWolfePit

Membakar arang menggunakan bahan bakar cair membuat panas yang dihasilkan menjadi kurang stabil. Selain itu, bahan bakar cair seperti minyak tanah juga menghasilkan bau yang tidak enak, sehingga bisa merusak aroma daging.

6. Membakar sate langsung dengan api

flickr.com/vkeong

Membakar sate yang tepat adalah dengan menggunakan bara arang. Jika potongan daging dibakar langsung dengan api, yang ada hanya gosong di luar tapi masih mentah di dalam. Fatal nih!

7. Menggunakan tusuk sate yang salah

steemit.com/armansyachputra

Ada banyak tusuk sate yang bisa kamu temukan di pasaran. Jika kamu ingin memasak sate kambing, pilihlah tusuk sate bambu pipih.

Jenis tusuk sate ini biasanya bagian luarnya masih berupa kulit bambu. Selain itu, lebih tahan panas dan cocok juga untuk menusuk potongan daging yang tebal, seperti daging kambing.

Baca Juga: 9 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Jus, Kamu Juga?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya