TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu sudah tahu atau belum, nih?

alamy.com

Bila kamu penggemar makanan manis seperti dessert atau cookies pasti tidak asing lagi dengan salah satu jenis taburan yang satu ini. Yup, taburan tersebut merupakan choco chips. Selain rasanya nikmat ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui, lho tentang si mungil ini. Mau tau apa saja fakta tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ditemukan pertama kali di Amerika

istockphoto.com/Kuvona

Melansir dari mentalfloss.com choco chips pertama kali ditemukan sekitar kurang lebih pada tahun 1937 oleh seorang wanita bernama Ruth Grave Wakefield. Beliau merupakan seorang pemilik penginapan bernama Toll House Inn yang berada di Massachusetts, Amerika Serikat.

2. Dibuat karena sebuah “kecelakaan”

steemit.com

Masih mengutip dari laman yang sama, dikisahkan jika suatu hari tatkala Ruth Wakefield ingin membuat salah satu signature dish andalannya yaitu Butter Drop Do untuk para tamu, ia kekurangan bahan.

Daripada membuang setengah adonan yang sudah jadi, ia mencoba mengganti coklat yang biasa ia gunakan dengan dengan potongan coklat kecil-kecil. Ia begitu terkejut mendapati potongan coklat tersebut tidak meleleh ketika di panggang.

Baca Juga: 6 Fakta Cokelat Putih, Ternyata Bukan Cokelat Sebenarnya Lho!

3. Memiliki warna dan bentuk yang unik

pexels.com/freestock.org

Choco chips yang lumrah kita jumpai di pasaran adalah berwarna coklat dan berbentuk seperti tetesan air. Namun, saat ini bila kita menyambangi toko roti kita akan mendapati bahwa ada lebih dari satu warna dan bentuk dari choco chips tersebut, salah satunya yang berbentuk bulat pipih seperti kancing. Ada yang berwarna putih, coklat bahkan beraneka warna. Bahkan ada pula, lho yang berbentuk seperti hati.

4. Tidak meleleh ketika dipanggang

Pexels.com/Brigitte Tohm

Hal yang membuat choco chips tidak meleleh ketika dipanggang terletak pada bahan utama pembuatnya. Choco chips terbuat dari campuran antara coklat bubuk dan juga cocoa butter dengan perbandingan lebih banyak coklat bubuk daripada cocoa butter. Mengutip dari joyofbaking.com choco chips hanya mengandung 20-30% cocoa butter.

5. Tidak berubah warna saat di dalam oven

Pexels.com/Nerfee Mirandilla

Tak hanya itu saja, keunikan lain yang membuat choco chips menarik adalah ia tidak akan berubah warna ketika dipanggang. Hal ini disebabkan dalam choco chips ditambahkan zat penguat alami yang membuatnya tetap dapat mempertahankan bentuk ataupun warnanya saat proses pemangganggan.

Baca Juga: 6 Jenis Cokelat Ini Memiliki Fungsi yang Berbeda-beda, Yuk Kenalan!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya