TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Bahan Makanan Lokal Ini Jarang Ada di Korea, Langka dan Mahal!

Kamu bakal rindu makanan ini saat pergi ke Korea

unsplash.com/Phuong Tran

Ragam kuliner nusantara membuat banyak orang Korea kaget ketika menemukan produk harian yang digunakan orang Indonesia, banyak makanan sehari-hari yang tidak ditemukan bahkan jarang dikonsumsi masyarakat dari negara gingseng ini disediakan oleh pusat perbelanjaan dan pasar Indonesia. Bahan baku masakan hingga deretan minuman berikut termasuk salah satunya, yuk simak!

1. Santan

unsplash.com/Utsman Media

Santan yang digunakan masyarakat Korea Selatan merupakan produk impor yang harganya sangat mahal, apalagi pohon kelapa jarang tumbuh di tanah negara gingseng. Karena hal ini masakan tradisional Korea juga tidak menggunakan santan bubuk maupun santan cair sebagai bahan bakunya.

2. Meses 

unsplash.com/Sharon McCutcheon

Meski banyak makanan Korea yang menggunakan coklat namun jarang ditemukan coklat berbentuk meses, kebanyakan coklat yang digunakan berbentuk batangan bukan potongan kecil yang ditemukan pada meses. Selain itu sebagian meses disana memiliki bentuk warna-warni, jarang ditemukan meses coklat seperti produk ceres.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Arab, Lezat dan Cocok untuk Berbuka Puasa 

3. Kecap Manis

unsplash.com/Caroline Attwood

Kepopuleran sambal Indonesia membuat banyak perusahaan Korea yang mengeluarkan sambal pedas kemasan namun sampai sekarang jarang ditemukan produk kecap manis, pusat perbelanjaan Korea umumnya menjual kecap asin yang banyak digunakan sebagai bahan baku masakan di sana.

4. Pandan

foodanddrinkresources.com

Rasa pandan masih asing dilidah orang Korea, tumbuhan harum yang sering ditemukan pada jajanan pasar hingga masakan khas Indonesia ini tidak tumbuh di wilayah empat musim seperti Korea Selatan.

5. Tempe

unsplash.com/Ella Olsson

Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini mudah ditemukan di seluruh Indonesia dengan harga terjangkau, namun makanan ini jarang ditemukan di Korea Selatan bahkan memiliki harga yang mahal meski banyak diminati.

6. Keju cheddar batangan

clairra.com

Jajanan jalanan Korea Selatan menggunakan keju sebagai bahannya namun keju yang digunakan bukanlah keju  cheddar parut namun keju mozarella batangan, hal ini karenak Keju cheddar batangan tidak ada di Korea Selatan, cheddar biasanya berbentuk lembaran tipis seperti yang digunakan pada sandwich.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghidrasi Tubuh Selama Berpuasa

Verified Writer

Asy syifa Rahma Ghifari

An ordinary girl who loves boba milk tea and sometimes lost on her own universe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya