TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Makanan Enak yang Bisa Membuat Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Gak cuma perut saja, kulitmu juga perlu makanan sehat

livescience.com

Tahukah kamu, kalau makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa mempengaruhi kesehatan kulit? Jika kamu merasa kondisi kulitmu memburuk atau tampak kusam, mungkin salah satu faktornya terletak pada apa yang kamu konsumsi.

Memiliki kulit yang sehat dan cerah gak cukup hanya menggunakan produk bodycare atau skincare saja. Terdapat beberapa makanan yang bisa membuat kulitmu lebih cerah, seperti yang dilansir dari Delish berikut ini. 

1. Tiram

forbes.com

Salah satu makanan yang sering ditemukan di restoran mewah ini mengandung banyak zinc. Kandungan tersebut bisa membantu membersihkan jerawat pada kulit.

2. Brokoli

Ilustrasi brokoli (IDN Times/Umi Kalsum

Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Ini karena brokoli mengandung vitamin A, B kompleks, E, C, dan K. 

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

3. Ubi jalar

seriouseats.com

Mengonsumsi ubi jalar atau olahan makanan ubi jalar sangat baik untuk kulit. Pasalnya, ubi jalar mengandung beta karoten dan vitamin A yang berlimpah. 

4. Blueberry

unsplash.com/joannakosinska

Blueberry mengandung sumber pektin yang merupakan karbohidrat kompleks. Selain berfungsi untuk melawan racun usus, buah ini juga akan membantu membersihkan kulitmu dari zat berbahaya. 

5. Tomat

simplyrecipes.com

Tomat gak cuma mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh, ada pula kandungan likopen dan karotenoid yang telah terbukti bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Lebih Hemat 

6. Nasi merah

steamykitchen.com

Salah satu penyebab utama berjerawat adalah hormon kamu. Jadi untuk mengaturnya, konsumsilah makanan yang tinggi vitamin B seperti beras merah.

7. Biji labu

simplyrecipes.com

Biji labu juga menjadi makanan yang mampu membantu menghilangkan jerawat. Jadi jangan tunggu sampai muncul jerawat dulu, baru makan biji labu ini ya!

8. Alpukat

healthline.com

Mengonsumsi alpukat bisa membantu memperbaiki kulit kering. Karena secara alami, alpukat dapat melembapkan kulit dan memerangi peradangan. 

9. Sayuran hijau

verywellfit.com

Sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau bisa membantu membersihkan racun dari tubuh. Selain itu, juga bisa membantu menghilangkan jerawat, lho!

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Hits yang Ternyata Rasanya Gak Enak

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya