TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Bekal Ibadah Haji 

Praktis dibawa dan awet tahan lama

Ilustrasi olahan cumi asin (IDN Times/Umi Kalsum)

Memasuki musim haji, sebagian rombongan jamaah haji Indonesia sudah pergi ke Tanah Suci. Nah, bagi kamu yang masih menunggu antrean jadwal keberangkatan, jangan lupa siapkan barang bawaan, termasuk makanan untuk bekal selama di sana.

Meski jemaah haji disajikan makanan khas Indonesia, tetapi belum tentu sesuai dengan selera. Selain itu, lebih nikmat menyantap makanan Indonesia yang autentik. 

Hal tersebut membuat para calon jemaah haji berinisiatif untuk membawa makanan dari Tanah Air. Bisa mengobati homesick sekaligus bisa dikonsumsi sewaktu-waktu dibutuhkan saat ibadah haji. Berikut beberapa alternatif makanan yang cocok untuk bekal ibadah haji. 

1. Dendeng sapi

ilustrasi dendeng balado (commons.wikimedia.org/Midori)

Dendeng sapi menjadi salah satu makanan favorit yang kerap dibawa para jamaah haji. Proses mengolahnya dengan cara diawetkan, jadi gak mudah basi. Selain itu, tetap nikmat meski dipanaskan atau digoreng kembali.

2. Abon

Ilustrasi abon (wikipedia.org/istimewa)

Abon memang praktis dan gak akan cepat basi. Jadi, gak ada salahnya jika kamu membawa beberapa bungkus abon ke dalam koper haji. Disantap dengan nasi putih hangat saja sudah sangat nikmat. 

3. Rendang

rendang khas Minangkabau (instagram.com/awcavs)

Rendang menjadi salah satu makanan andalan para jamaah haji. Sebaiknya bawa rendang kemasan untuk bekal makanan. Jadi, cukup dipanaskan kembali saat ingin menyantapnya.

4. Orek tempe kering

tips membuat kering tempe (instagram.com/iren_natty)

Karena di Arab Saudi sulit menemukan tempe, tak jarang para jamaah haji membawa tempe untuk bekal di sana. Sebaiknya membawa orek tempe kering dalam wadah biar lebih tahan lama. 

5. Kentang kering mustofa

kering kentang atau kentang mustofa (instagram.com/dapoerasatoe)

Gak kalah praktis dari makanan lainnya, kentang kering mustofa juga bisa menjadi bekal andalan, lho. Sensai renyah dari makanan ini bikin makan semakin nikmat. Cukup disantap dengan nasi hangat panas. 

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Bisa Dibeli dalam Jumlah Banyak, Sudah Stok?

6. Sambal cumi asin

Ilustrasi olahan cumi asin (IDN Times/Umi Kalsum)

Jika gak bisa makan tanpa sambal, kamu bisa membawa sambal cumi asin kemasan. Selain membuatnya sendiri, kamu bisa membelinya di toko online. Bikin sensasi makan semakin lahap. 

7. Sambal teri

ilustrasi sambal goreng teri tempe (commons.wikimedia.org)

Selain itu, kamu bisa membawa sambal teri kemasan. Membawa dan mengkonsumsinya sangat praktis, tinggal disajikan dengan nasi dan lauk favoritmu. 

8. Usus kering

Ilustrasi usus kering (instagram.com/dapur_ptrcia)

Usus kering bisa menjadi lauk atau camilan saat ibadah haji. Sensasi renyah dan rasanya yang gurih ini tak ada tandingannya. Selain itu, gak perlu khawatir cepat basi atau ketumpahan bumbu. 

9. Serundeng

Ilustrasi serundeng (instagram.com/bungakangkung.ig)

Meski hanya sebagai pelengkap nasi, cita rasa serundeng cukup khas yang membuatnya semakin nikmat. Cocok dipadukan dengan rendang atau dendeng. 

Baca Juga: 10 Tips Nyaman di Pesawat untuk Penerbangan Jauh Jemaah Haji 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya