TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan Tubuh

Kalorinya jadi turun drastis

Ilustrasi nasi (pixabay.com/mikuratv)

Meski menjadi makanan pokok orang Indonesia, sebagian orang menghindari nasi, khususnya nasi putih. Apalagi bagi yang sedang diet, karena nasi putih menganduk gula dan kalori yang tinggi.

Salah satu tujuan menghindari nasi adalah untuk menurunkan berat badan. Namun, jika makan tanpa nasi rasanya belum lengkap, ya?

Nah, kamu tetap bisa makan nasi yang enak dan sehat dengan mengubah cara masaknya. Berikut beberapa tips memasak nasi untuk diet yang bisa kamu lakukan.

1. Cuci beras hingga bersih

Ilustrasi beras (pixabay.com/itkannan4u)

Langkah pertama, cuci beras hingga bersih. Gunakan air mengalir, buang kotoran atau gabah yang mengambang. Cuci hingga dua kali, lalu bilas.  

2. Dimasak secara tradisional

Ilustrasi memasak nasi di panci (instagram.com/rusimarleni)

Supaya lebih sehat, sebaiknya masak nasi dengan cara tradisional. Kamu bisa mengukus nasi dengan kompor. Cara ini bisa menghilangkan minyak nabati lemak tinggi di dalam nasi.

Baca Juga: 10 Makanan Pengganti Nasi saat Diet, Tubuh Tetap Bugar dan Berenergi

3. Gunakan air mendidih

Ilustrasi air mendidih (pixabay.com/music4life)

Selanjutnya, kukus nasi dengan air mendidih selama 40 menit. Cara ini akan membuat nasi menjadi lebih cepat matang tanpa mengurangi kandungan gizinya. 

4. Beri minyak kelapa

Ilustrasi minyak kelapa (pixabay.com/moho01)

Salah satu rahasia membuat nasi menjadi lebih sehat adalah menggunakan minyak kelapa. Sebab, minyak kelapa akan menyerap ke dalam bulir beras dan mengubah strukturnya. Alhasil, kalori yang diserap tubuh menjadi lebih sedikit. 

Baca Juga: 10 Jenis Diet Paling Populer dan Diminati, Pernah Coba yang Mana?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya