TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatur Isi Kulkas Berdasarkan Zona Suhu biar Lebih Segar

Makanan ditempatkan di tempat yang semestinya

Ilustrasi bagian dalam kulkas (unsplash.com/giorgiotrovato)

Setelah berbelanja bahan makanan, biasanya kita akan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, seringkali kita sembarangan saat menyusun makanan di kulkas. 

Bahkan, ada yang menumpuk atau mencampur makanan, sehingga menimbulkan aroma tak sedap. Ternyata beberapa makanan harus ditempatkan di zona tertentu, lho. Berikut beberapa tips mengatur isi kulkas berdasarkan zona suhu biar lebih segar.

1. Rak atas

Ilustrasi rak atas kulkas (pixabay.com/stevepb)

Rak atas cocok untuk menyimpan bahan-bahan seperti sisa makanan, makanan matang, minuman, dan rempah-rempah, karena bagian ini memiliki suhu paling konsisten.

2. Rak tengah

Ilustrasi kulkas (unsplash.com/nicotitto)

Rak tengah menjadi bagian yang sempurna untuk menyimpan makanan yang perlu disimpan dengan suhu dingin, serta memiliki risiko pembusukan yang rendah. Misalnya telur, yoghurt, dan keju.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Ini Justru Cepat Busuk jika Disimpan di Kulkas 

3. Rak bawah

Ilustrasi rak bawah kulkas (realsimple.com)

Rak bawah memiliki suhu paling dingin. Di sini cocok untuk menyimpan bahan-bahan seperti telur, seafood, susu, dan daging mentah.

4. Pintu kulkas

Ilustrasi kulkas (pixabay.com/pexels)

Bagian dalam pintu kulkas menjadi tempat yang sempurna untuk menyimpan bumbu, jus, dan air. Hindari menyimpan susu dan telur di bagian pintu, karena ini adalah bagian terhangat dari kulkas. 

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Tetap Segar dan Gak Cepat Busuk

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya