TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Harus Nasi, Sahur dengan 6 Sumber Karbo Ini Dijamin Tetap Kenyang

#MasakItuGampang Trik menerapkan pola makan sehat selama puasa nih!

Pixabay/RitaE

Siapa bilang selama puasa gak bisa diet nasi? Bagi kamu yang ingin menerapkan pola makan sehat, menghindari nasi saat sahur dan berbuka tetap bisa dilakukan lho! Meski menjadi sumber karbohidrat pokok di Indonesia, nasi memiliki kadar gula tinggi yang kurang baik bagi tubuh.

Karbohidrat dalam nasi mudah dicerna sehingga mempercepat datangnya rasa lapar. Kamu bisa mengganti dengan sumber karbohidrat lain yang mengandung serat pangan kompleks. Rasa kenyang dijamin tahan lama dan lebih menyehatkan tubuh. Apa saja ya?

1. Olahan pasta

Pixabay/RitaE

Makanan khas Italia ini mulai banyak dijadikan pengganti nasi di Indonesia. Mulai dari spageti, fetucini, hingga makaroni. Coba ganti menu nasi dengan olahan pasta.

Kamu bisa membuat bumbu khas Italia seperti aglio olio, bolognese, dan carbonara. Atau coba cita rasa lokal memadukan pasta dengan masakan-masakan khas Indonesia, misalnya memakan fetucini dengan rendang.

2. Sup kentang dan makaroni

Pixabay/flyfishinghut

Mau santap sahur yang segar dan gak bikin enek? Buatlah sup kentang dan makaroni, ada dua sumber karbohidrat pengganti nasi di sana. Tentu saja wajib tambahkan sayur seperti wortel dan brokoli agar nilai gizi makin lengkap.

Segar dan gurihnya kuah kaldu, ditambah taburan bawang goreng di atasnya. Hmm, makan sahur dijamin makin semangat!

3. Overnight oats full topping

Pixabay/bubithebear

Kamu yang sedang diet pasti gak asing dengan overnight oats. Makanan kaya serat dan gizi ini terbuat dari oat yang direndam susu atau yoghurt lalu didiamkan dalam kulkas semalaman. Biasanya dicampur dengan biji chia, granola, dan buah-buahan segar di atasnya.

Bagi yang sudah terbiasa mengonsumsi overnight oats, pasti tahu seperti apa rasa kenyang tahan lama yang dihasilkan makanan ini. Untuk bekal puasa seharian, buatlah overnight oats full topping bergizi. Tambahkan biji chia, gunakan yoghurt atau susu rendah lemak, dan beri lebih dari satu jenis buah. Wah, dijamin kenyang seharian deh!

4. Roti gandum enaknya diisi apa ya?

Pixabay/LuckyLife11

Sumber karbohidrat lain yang digemari pelaku diet adalah roti gandum. Kelihatannya mengonsumsi setangkup roti gandum saja gak akan bikin kenyang sampai berbuka ya? Jangan salah, tergantung isian apa yang kamu tambahkan pada roti.

Siapkan isian padat nutrisi, beri potongan telur rebus atau daging. Padukan dengan selada, avokad, dan selembar keju. Tutup sahur dengan minum segelas susu atau makan beberapa potong buah. Gimana, masih ragu takut lapar di siang hari?

5. Singkong dan talas rebus, pilih mana?

Pixabay/varintorn

Kalau selama ini dietmu hanya mengenal kentang sebagai pengganti nasi, coba beralih pada umbi-umbian lainnya. Ada singkong dan talas yang gak kalah mengenyangkan, tapi punya nilai gizi tinggi. Harganya juga murah, cocok nih buat selipan menu sahur anak kos.

Dibanding singkong, kadar gula dalam talas lebih rendah. Kandungan serat pangannya mampu penuhi seperempat dari total kebutuhan serat harian. Rasa singkong dan talas rebus memang hambar, jadi kamu bisa mengonsumsinya dengan lauk lain. Jadi posisi kedua umbi ini benar-benar sebagai pengganti nasi.

Verified Writer

Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya