TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kenikmatan Nasi Padang, dari Porsi hingga Jadi Judul Lagu

Kenikmatan makanan ini sudah mendunia

jktgo.com

Nasi padang adalah salah satu menu kuliner populer di Indonesia. Perpaduan nasi, lauk dan sayur serta bumbu khasnya membuat nasi padang digemari berbagai kalangan. Bahkan, kenikmatan nasi padanhg juga diakui dunia.

Selain nikmat, nasi padang juga memiliki berbagai fakta yang menarik. Apa saja sih fakta-faktanya? Yuk simak di bawah ini penjelasannya.

1. Porsi lebih banyak dibungkus

instagram.com/katanyanaufal

Sering kali kamu mendapati porsi nasi padang yang dibungkus lebih banyak daripada dimakan di tempat. Hal ini ternyata sudah dimulai dari zaman penjajahan. Pada zaman penjajahan, hanya bangsawan dan elite yang makan di rumah makan padang. Sedangkan kaum pekerja dan buruh membungkusnya untuk dibawa pulang. Sebagai bentuk solidaritas, pemilik rumah makan padang sengaja menambah porsi nasi padang yang dibungkus agar bisa dinikmati beramai-ramai.

Baca Juga: 5 Lauk Favorit dalam Nasi Padang, Paling Sering Diburu! 

2. Rendang menjadi salah satu makanan terlezat

romadecade.org

Rendang adalah salah satu menu makanan padang yang populer. Berdasarkan poling yang dilakukan oleh CNN, para traveler dari penjuru dunia memilih rendang sebagai menu terlezat di dunia. Teksturnya yang gurih dan empuk membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya.

3. Foto seorang kakek

picdeer.com/tandriekaputra

Foto kakek yang satu ini kerap kali menghiasi dinding rumah makan padang. Beliau adalah Syech Kiramatulla Ungku Saliah, seorang ulama yang dihormati masyarakat Pariaman, Sumatera Barat. Orang Minang percaya dengan memasang foto leluhur, Ungku Saliah akan mendatangkan rezeki.

4. Nama asli nasi padang

instagram.com/jajakmalala

Nasi padang tak dikenal di daerah asalnya, Sumatera. Di daerah asalnya, makanan ini dikenal dengan nama nasi kapau dan nasi pauh. Perbedaan terletak pada lauk pauknya. Nasi kapau menyajikan lauk olahan daging sapi atau kerbau sedangkan nasi pauh menyajikan lauk olahan ikan. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!

Verified Writer

Evan Yulian Philaret

A copywriter and language enthusiast | E-mail: evanyulian@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya