TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawa

Bentuk kembang goyang terinspirasi dari perhiasan

youtube.com/MyPassionFruits Journey

Kue kembang goyang adalah jajanan kuno yang hingga saat ini masih digemari masyarakat. Bagi orang Jawa yang masih mempertahankan tradisi menyajikan makanan tradisional, pasti sering membuat camilan kembang goyang ini. Tidak hanya di Jawa, kue ini juga telah menjadi suguhan khas tradisional warga Betawi. Mungkin kamu akan bertanya-tanya dari mana sebenarnya asal kembang goyang. Berikut ini sejarah cemilan kembang goyang!

1. Kembang goyang bukan berasal dari Pulau Jawa

instagram.com/susan0803_

Ternyata, kembang goyang adalah kue tradisional asal Betawi, meskipun ternyata banyak juga daerah Jawa yang juga membuat camilan ini sebagai camilan tradisional seperti misalnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

2. Asal mula nama kembang goyang

instagram.com/floragardenmama

Kembang goyang sendiri mendapatkan namanya karena bentuknya yang seperti bunga dan digoreng dengan cara digoyangkan dari cetakannya di dalam minyak panas hingga terlepas dan digoreng matang merata. 

Baca Juga: 9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudik

3. Bentuknya terinspirasi dari perhiasan

pexels.com/walking photographer

Kue renyah ini ternyata terinspirasi dari perhiasan yang dijadikan hiasan sanggul atau konde para pengantin Jawa. Karena bunga yang dipasang di sanggul itu bergerak-gerak atau bergoyang, maka terlihat cantik.

4. Cara penyajian kembang goyang dan maknanya

pexels.com/Artem Beliaikin @belart84

Umumnya kembang goyang disajikan sebagai kudapan menyambut para tamu yang berkunjung. Namun untuk beberapa daerah, bukan hanya punya sebutan berbeda tapi juga ada tujuan yang berbeda. Misalnya di Bali, bagi pemeluk agama Hindu, kembang goyang dijadikan salah satu sesaji untuk hari raya keagamaan seperti Nyepi.

Itulah sejarah kembang goyang yang renyah dan manis yang telah menjadi kudapan tradisional di berbagai daerah

Baca Juga: 5 Camilan Khas Aceh yang Wajib Kamu Cicipi Selama Traveling

Verified Writer

Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya