TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Olahan Ayam Paling Populer di India, Bikin Ngiler Nih!

Awas laper

archanaskitchen.com

India memang terkenal dengan hidangan yang kaya rempah. Jadi jangan heran jika menikmati menu makanan di restoran India, kamu akan ditawari dengan berbagai hidangan dengan rasa yang kuat dan aroma yang lezat. Begitu juga dengan hidangan berbahan dasar ayam.

Di India sendiri ada banyak pilihan hidangan ayam yang bisa kamu nikmati. Mulai dari ayam goreng, panggang hingga kari. Bumbunya pun beragam, biasanya identik dengan cita rasa gurih dan pedas. 

1. Butter Chicken

recipes.instantpot.com

Hidangan ikonik India ini juga dikenal sebagai chicken makkhani. Masakan ini disebut ayam mentega karena menambahkan sedikit mentega yang dicampur dengan bahan kuahnya.

2. Tandoori Chicken

sandpit.recipetineats.com

Sajian ini dinamakan Tandoori Chicken karena ayam dipanggang di dalam tungku yang dikenal dengan nama tandoor. Ayam dimasak dengan merendam ayam mentah dengan campuran yogurt dan bumbu tandori masala yang identik dengan bubuk cabe dan kunyit. Ayam ini lalu ditusuk seperti sate dengan menggunakan tusukan besi sebelum dipanggang di dalam tandoor.

3. Chicken Tikka Masala

wideopeneats.com

Chicken tikka masala adalah potongan ayam panggang panggang yang ditambahkan kedalam kuah kari yang umumnya berwarna orange atau kuning. Kuah kari ini adalah campuran rempah-rempah tradisional, bawang merah, tomat India, dengan sedikit krim.

4. Chettinad Chicken

swatisani.net

Hidangan ini berasal dari Tamilnadu di India Selatan. Kari ini cukup pedas dengan rasa yang kaya akan rempah. Rempah-rempah yang digunakan dipanggang dan digiling sebelum dicampurkan dengan pasta jahe dan bawang putih. Bumbu pasta ini kemudian dikombinasikan dengan daun kari dan tomat lalu ayam dan dimasak sampai ayam benar-benar empuk.

5. Chicken Curry

afeliaskitchen.com

Chicken Curry adalah hidangan yang sudah umum dikenal. Di Indonesia sendiri hidangan ini biasanya disantap bersama roti canai. Hidangan ayam dimasak bersama bumbu kari yang sudah ditumis terlebih dahulu, lalu ditambahkan susu atau santan.

6. Mughlai Chicken

pepperdelight.com

Mughlai chicken biasanya dimasak untuk acara-acara khusus. Butuh waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Hidangan ini terinspirasi oleh makanan Asia Tengah yang datang ke India selama pemerintahan dinasti Mughal. Hidangan ayam ini kaya akan rempah seperti jahe, bawang putih, jinten, ketumbar, cabe, kapulaga, batang kayu manis, daun salam, cengkeh dan lainnya. Kuahnya kental dan memiliki cita rasa yang kuat.

7. Chicken Dhansak

shahzadidevje.com

Chicken dhansak adalah hidangan tradisional Parsi dengan lentil. Kacang lentil ini memberikan tekstur tersendiri pada hidangan ini. Biasanya disajikan di restoran dengan potongan nanas, untuk menciptakan hidangan India gaya manis dan asam. Namun Chicken dhansak tradisional dihidangkan tanpa nanas di dalamnya. Sementara resep versi Persia dan Gujarat menggabungkan kacang, sayuran, daging, dan rempah-rempah ke dalamnya.

8. Saagwala Chicken

ruchiskitchen.com

Saagwala Chicken atau Palak Chicken adalah hidangan yang sangat lezat, penuh rasa dan sarat dengan nutrisi. Hidangan kari ringan yang biasa ditemukan di India utara, ayam Saagwala terdiri dari ayam goreng yang digoreng dengan bayam dan saus beraroma. Kata saag adalah istilah Punjabi yang digunakan untuk semua didangan dari sayuran hijau, baik itu bayam, selada atau sawi hijau.

9. Chicken Cafreal

hungryforever.com

Chicken cafreal juga dikenal sebagai Galinha Cafreal, kari ayam sudah terkenal dan cukup populer bagian pantai Goa di India. Orang Portugis membawa hidangan ini dari Mozambik. Hidangan pedas ini dimasak dengan menggoreng ayam atau memanggang ayam lalu dimasukkan ke kari hijau berbahan dasar ketumbar segar, bawang merah, rempah-rempah dan jus lemon.

10. Chicken 65

nashplateful.blogspot.com

Ayam 65 adalah salah satu masakan klasik masakan India Selatan. Ini berasal dari Chennai dan diperkenalkan pada tahun 1965 di restoran Buhari yang terkenal. Hidangan disiapkan dengan menggunakan ayam tanpa tulang atau dengan tulang dan  berbagai jenis cabai serta rempah seperti jahe, jinten, daun kunyit, kunyit dan banyak lagi. Biasanya disajikan dengan bawang merah dan hiasan lemon. 

Verified Writer

Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya