TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Jasuke Seenak di Pasaran, Sensasinya Memikat!

Hindari jagung yang terlalu tua biar rasanya tetap nikmat

ilustrasi olahan jasuke (pixabay.com/JaimeAP)

Jasuke adalah jajanan populer yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Nama ini merupakan kependekan dari jagung, susu, dan keju yang menggambarkan isian dari jajanan satu ini.

Meski terdengar simpel, tapi pembuatan jasuke yang maksimal seharusnya dibuat menggunakan bahan-bahan terbaik. Selain itu, perhatikan juga lima tips berikut supaya jasuke buatanmu gak kalah nikmat dari yang dijual di pasaran.

1. Pastikan jenis jagung memiliki rasa manis

ilustrasi jagung rebus (pixabay.com/Gergely Meszárcsek)

Tipe jagung terbaik untuk membuat olahan jasuke ialah jagung manis. Sebab, rasa tersebut akan menentukan hidangan, agar memiliki kombinasi yang mengesankan serta perpaduan manis dan asin yang seimbang.

Hindari menggunakan jagung yang bertekstur keras atau terlalu tua, karena hal tersebut akan mempengaruhi rasa makanan. Terlebih, jagung menjadi bahan utama yang akan memberikan sensasi intens pada hidangan jasuke.

Baca Juga: Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitan

2. Hindari terlalu lama merebus jagung

ilustrasi jagung rebus (pexels.com/Kaboompics .com)

Proses mematangkan jagung dilakukan dengan cara direbus. Namun, kamu harus memperhatikan waktu memasak agar tidak terlalu berlebihan. Sebab, jasuke yang nikmat ialah yang masih memiliki tekstur di dalamnya.

Jika direbus terlalu lama, khawatir jagung akan menjadi sangat lembek sehingga kehilangan sensasinya ketika disantap menjadi jasuke. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan proses merebusnya supaya matang merata namun tidak berlebihan.

3. Serut jagung setelah dingin

ilustrasi jagung (pixabay.com/Emilian Robert Vicol)

Jasuke akan disajikan dalam keadaan jagung yang sudah terbebas dari bonggolnya. Untuk memudahkan proses pemisahan tersebut, sebaiknya potong jagung ketika keadaannya sudah dingin setelah ditiriskan dari air rebusan.

Jika kamu memisahkannya selagi masih panas, maka hal itu bisa membuat tangan rentan luka dan jagung tidak terserut dengan baik. Maka dari itu, pastikan jagung sudah lebih sejuk sebelum dipotong untuk memberi kenyamanan saat dipisahkan dari bonggolnya.

4. Campur SKM dengan mentega sebagai pelengkap

ilustrasi kental manis (pixabay.com/TheUjulala)

Menikmati jasuke belum lengkap rasanya jika tidak menambahkan susu atau kental manis ke dalam olahan tersebut. Beberapa orang sering memasukkan kental manis sementara sisanya lebih senang menambahkan susu cair.

Komponen yang mana pun bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Namun, kamu bisa juga menambahkan sedikit mentega, untuk memberi rasa creamy dan gurih yang seimbang pada makanan ringan populer tersebut.

Baca Juga: 10 Olahan Jagung Paling Mantap, Tak Hanya Dibuat Jadi Jasuke!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya