TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mendapatkan White Ring saat Menggoreng Donat

White ring adalah garis putih yang bikin donat makin indah

ilustrasi bomboloni custard (unsplash.com/Neetu Laddha)

White ring adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan garis putih dalam kreasi donat. Penampilan ini menunjukan kudapan yang lebih menarik hati dan cantik, sehingga banyak pembuatnya ingin penampilan yang serupa.

Buat kamu yang masih belum berhasil mendapatkan white ring saat menggoreng donat, ikuti dulu tips berikut, siapa tahu white ring bisa muncul secara maksimal.

1. Pastikan adonan mengembang maksimal 

ilustrasi adonan donat (unsplash.com/Katerina Smirnova)

Pertama-tama, pastikan bahwa adonan donat mengembang secara maksimal. Ini adalah kunci utama untuk memperoleh white ring yang sempurna. Tidak heran jika proses proofing donat memakan waktu hingga beberapa kali dalam pembuatannya.

Jika adonan donat tidak mengembang dengan baik, maka hasilnya pun akan flat atau datar. Hal tersebut membuat kamu sulit mendapatkan white ring karena bentuk makanan yang tidak mendukung saat hendak digoreng.

2. Tuangkan minyak yang banyak 

ilustrasi menuangkan minyak ke dalam wajan (pexels.com/cottonbro studio)

Donat harus digoreng dalam jumlah minyak yang banyak. Hal tersebut menjadi salah satu syarat umum dalam memperoleh white ring yang maksimal. Jadi, kamu gak bisa pelit dalam menuangkan minyak ke dalam wajan.

Menggunakan banyak minyak juga akan membuat permukaan donat kecokelatan dengan baik, sehingga penampilannya tidak belang. Dengan demikian, kamu hanya akan mendapatkan warna putih sebagai white ring saja.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Donat yang Empuk dan Lembut, Gak Bakal Seret!

3. Panaskan minyak sebelum menggoreng 

ilustrasi minyak goreng (pixabay.com/Hans)

Faktor penting lainnya yang tidak dapat dihiraukan adalah memanaskan minyak sebelum mencelupkan adonan ke dalam wajan. Hindari memasukkan donat ketika minyak masih dingin karena proses matangnya menjadi lebih panjang.

Selain itu, warnanya pun sulit keluar sehingga kamu belum tentu mendapatkan white ring sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu, bersabarlah sedikit dengan menunggu minyak agar cukup panas, baru adonan bisa digoreng sampai matang.

4. Balik satu kali per sisi 

ilustasi menggoreng donat (pixabay.com/ivabalk)

Demi mendapatkan penampilan white ring yang menarik dalam kreasi donat, kamu hanya boleh membaliknya satu kali per sisi. Ini adalah kunci untuk memperoleh donat yang bagus dan white ring seimbang.

Hindari kebiasaan membolak balik adonan jika kamu ingin mendapatkan white ring yang pas. Biar gak kesusahan saat membalik makanan, pastikan diameter wajan yang digunakan sesuai dengan jumlah donat yang hendak digoreng.

Baca Juga: 5 Serba-serbi Bomboloni, Donat Italia yang Tidak Bolong Tengahnya

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya