TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Berkuah Santan untuk Sambut Hari Lebaran, Gurih Meresap!

Diberi potongan lontong atau ketupat makin mantap

Opor ayam (instagram.com/harrishotelsolo)

Makanan khas Lebaran yang selalu ada tiap tahunnya adalah ketupat dan lontong. Biasanya, makanan tersebut dikombinasikan dengan masakan berkuah santan kental yang gurih.

Masakan istimewa, seperti opor ayam dan gulai, menjadi pilihan yang paling tepat. Meski sebenarnya, ketupat ataupun lontong bisa di nikmati dengan masakan berkuah bening, seperti bakso.

Untuk disantap bareng ketupat dan lontong, berikut lima makanan berkuah santan yang wajib ada saat Lebaran. Semuanya berkuah kental dan gurih!

1. Opor ayam 

Opor ayam (instagram.com/murjito)

Lebaran tanpa opor ayam, gimana rasanya, ya? Opor ayam sudah jadi makanan wajib yang dimasak saat Hari Raya Idulfitri. Biasanya, opor ayam dimasak di malam hari.

Olahan ayam yang dicampur santan dan berbagai bumbu rempah-rempah tersebut paling enak dimakan dalam keadaan hangat. Diberi potongan lontong atau ketupat bakal makin mantap.

2. Gulai ayam 

Gulai ayam (intagram.com/dada.tastes)

Masih berbahan dasar ayam, jangan lupakan yang namanya gulai. Cita rasa gurih, pedasnya pun nendang banget, lho. Apalagi jika dinikmati dengan nasi hangat. Gulai ayam jadi masakan alternatif saat Lebaran tiba yang bisa kamu buat.

Selain ayam, gulai juga bisa menggunakan daging kambing ataupun daging sapi. Khusus untuk daging kambing, kamu harus memperhatikan cara masaknya, ya. Hal ini bertujuan agar bau daging kambing tidak tercium.

Baca Juga: 5 Makanan Berkuah Khas Bali, Begini Cara Membuatnya!

3. Kari ayam 

Kari ayam (instagram.com/emmy_gho)

Tak jauh berbeda dengan gulai, sekilas kari sangat mirip dengan masakan satu itu. Bedanya, rasa kari tidak terlalu pedas dengan kuah tak sekental gulai.

Selain disantap dengan nasi hangat, kari juga bisa disantap dengan ketupat ataupun lontong, lho. Rasanya makin mantap dengan taburan bawang merah goreng. Pasti acara sarapanmu saat Lebaran makin sempurna, deh!

4. Sayur labu siam  

Sayur lodeh labu siam udang (instagram.com/fridajoincoffee)

Sebagai pelengkap untuk menyantap lontong selain opor ayam, sayur labu siam bakal nikmat banget. Bahan dasarnya adalah labu siam yang dicampur dengan santan dan berbagai bumbu rempah.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain atau pepaya muda agar rasanya makin sempurna. Cita rasa gurih, pedas, dan manis dari labu siam bakal menyatu sempurna saat berada di mulut.

Baca Juga: 5 Makanan Berkuah Khas Banyuwangi, Ide Buka Puasa Hari Ini

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya