TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menyajikan Sambal Terasi selain dengan Lalapan, Pasti Enak!

Sambal terasi bisa untuk banyak masakan

Ilustrasi sambal terasi (unsplash.com/Keriliwi)

Banyak orang menyukai sambal terasi. Sudah umum banget sambal terasi dijadikan pelengkap aneka lalapan, seperti ayam goreng, tahu dan tempe goreng, ikan goreng, dan lainnya.

Sebenarnya, masih ada banyak banget cara menyajikan sambal terasi dengan masakan lain yang juga tidak kalah cocok dan tambah enak. Beberapa cara berikut ini bisa banget kamu aplikasikan pada sambal terasi.

1. Jadi bumbu nasi goreng

Ilustrasi nasi goreng (unsplash.com/Christopher Alvarenga

Bosan dengan rasa nasi goreng yang itu-itu saja? Tambahkan sambal terasi sebagai bumbu utama nasi gorengmu. Masak bersama bawang putih, kecap manis, garam, dan penyedap sesuai selera.

Sambal terasi bisa memberikan rasa pedas dan gurih serta aroma wangi pada nasi goreng andalanmu. Lebih praktis juga karena kamu tidak perlu repot membuat bumbu khusus nasi goreng lagi.

2. Sambal cocolan bakso

Ilustrasi Bakso (unsplash.com/Misbahul Aulia)

Bukan cuma disajikan bareng kuah, bakso yang dicocol dengan sambal terasi bisa makin enak, lho. Campurkan sambal terasi dengan kecap manis secukupnya, lalu cocol dengan bakso yang kamu stok di kulkas.

Sambal terasi yang pedas gurih dipadukan dengan rasa manis dari kecap pasti bikin stok bakso kesukaan kamu makin menipis. Sajikan selagi hangat pula, ya!

Baca Juga: Resep Tumis Terong Sambal Terasi, Pedas dan Gurihnya Nampol!

3. Jadi sambal plecing juga gak ada salahnya

Ilustrasi sayur plecing (unsplash.com/VITALIS ARNOLDUS)

Mungkin agak merepotkan jika ingin membuat sambal plecing dari awal. Nah, kalau kamu punya sambal terasi, semua bisa menjadi lebih praktis.

Cukup rebus sayuran, seperti kangkung, taoge, bayam, atau sayur lainnya, yang kamu suka. Kemudian, campurkan dengan sambal terasi. Rasanya enak, serupa dengan sambal plecing. Kalau ditambah perasan jeruk limau akan lebih nendang sedapnya.

4. Oleskan pada daging atau ayam bakar

Ilustrasi Ayam Bakar (unsplash.com/Brian Fathurohman)

Enak banget jika bumbu bakaran daging memiliki rasa manis, gurih, dan pedas. Rasa pedas yang sedap bisa kamu peroleh dengan menambahkan secukupnya sambal terasi pada bumbu olesan.

Cukup campurkan sambal terasi, bawang putih cincang, sedikit margarin, dan kecap untuk memberi rasa manis dan efek caramelized saat dibakar nanti. Bumbu ini siap digunakan untuk marinasi dan olesan pada daging ayam, ikan, seafood, maupun frozen food.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Terasi yang Berkualitas, Bikin Masakanmu Makin Sedap

Writer

Tamara Harparani

Just appreciate my imagination

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya