TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Ampuh Hilangkan Bau Telur pada Alat Masak

Cuma pakai bahan dapur saja, kok!

ilustrasi telur untuk membuat kue (freepik.com/jcomp )

Telur menjadi bahan makanan yang wajib ada di dapur. Mengolahnya pun termasuk mudah, karena bahan ini cocok di masukkan ke dalam masakan tumisan atau gorengan.

Sayangnya, bau telur yang menempel di peralatan masak membuatmu perlu esktra kerja keras untuk membersihkannya. Bahkan, menggunakan sabun cuci piring tidak lantas menghilangkan bau telur seketika.

Tenang saja, kamu tak perlu khawatir tentang itu. Ada banyak bahan dapur yang bekerja efektif menghilangkannya. Tips ampuh hilangkan bau telur pada alat masak ini patut kamu praktikkan, ya!

Baca Juga: 5 Bahan Dapur untuk Hilangkan Bau Bawang pada Alat Masak

1. Gunakan air dan kulit lemon

ilustrasi potongan lemon segar (unsplash.com/Han Lahandoe)

Lemon menjadi bahan alami paling sering digunakan untuk menghilangkan bau yang menempel pada peralatan masak di dapur. Kamu hanya perlu memeras air lemon dan mengupas kulitnya juga.

Caranya, tinggal rebus kulit lemon dan rendam peralatan masak dalam beberapa menit saat air rebusannya mulai dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, semprotkan air perasannya pada sisi yang masih bau. Setelah itu, bersihkan kembali dengan air dan sabun. Bilas dan keringkan segera.

2. Taburi alat masak dengan soda kue

ilustrasi baking soda (pixabay.com/NatureFriend)

Soda kue dikenal sebagai bahan serbaguna untuk membersihkan peralatan masak dan rumah tangga. Selain berfungsi sebagai pengembang roti, soda kue juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis telur, lho!

Cukup mencampurkan soda kue dengan beberapa sendok air. Oleskan dan gosok secara perlahan, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, cuci piring dengan air dan sabun seperti biasa. 

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Bebek supaya Tidak Bau Amis

3. Semprotkan air cuka pada permukaan yang berbau

ilustrasi cuka putih (freepik.com/freepik)

Cuka dipercaya ampuh dalam melenyapkan bau tak sedap, termasuk bau amis telur. Buat larutan dengan mencampurkan air dan cuka, lalu gunakan untuk merendam peralatan masak yang berbau telur tersebut. 

Kandungan asam yang kuat dalam cuka akan bekerja secara ajaib menghilangkan bau tak sedap. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menambahlan sedikit jus lemon ke dalam larutan cuka. Terakhir, bilas dengan sabun cuci piring.

4. Gunakan garam dapur

ilustrasi garam dalam wadah kayu (pexels.com/TaraWinstead)

Garam dapur sangat efektif menghilangkan bau telur. Ambil sejumput garam dapur dan gosok secara lembut pada permukaan piring atau alat masakmu. Bau amis telur akan hilang dengan sendirinya. 

Kamu juga bisa menggunakan larutan garam dan rendam selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan dengan baik menggunakan sabun cuci piring. Gampang banget, kan?

Baca Juga: 12 Alat Memasak yang Wajib Ada di Dapur, Kamu Sudah Punya Semua?

Verified Writer

Made Ayu Putri Arini

Menulis dengan sepenuh hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya