TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bernostalgia dengan 5 Jajanan Glodok Tempo Dulu yang Legendaris

Buat yang suka jalan-jalan ke Kota Tua nih!

foody.id

Yang namanya nostalgia pasti membawa suasana yang menyenangkan hati. Apalagi nostalgia dengan makanan. Kamu yang dulunya pernah diajak nenek dan kakeknya, atau bahkan orang tuanya, pasti ketika mengingat masa itu, rasanya ingin mengulanginya lagi.

Glodok menjadi salah satu daerah yang paling banyak menyimpan tempat makan tempo dulu. Mari menengok kembali ke 5 tempat makan, yang bisa membawa kita ke memori indah bersama orang-orang yang kita sayangi.

1. Nasi Ulam Misjaya.

travel.kompas.com

Nasi Ulam yang berusia 53 tahun ini, letaknya di depan Klenteng Toasebio, tepatnya di Jl. Kemenangan III, Kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta Barat. Nasi ulam ini tampilan dan rasanya mirip dengan nasi uduk, dengan lauk yang kurang lebih sama, tetapi nasinya dimasak dengan rempah, dan terakhir nasi akan disiram dengan kuah semur. Bagi Millenials yang ingin mencobanya, datangnya di sore hari ya, karena Nasi Ulam Misjaya ini justru baru buka di sore hingga malam hari.

2. Es Kopi Takkie.

http://manual.co.id

Nah menu yang satu ini pas banget buat siang hari yang lagi panas-panasnya, Millenials. Warung kopi klasik ini terletak di dalam Gang Gloria. Dimiliki oleh Engkong Latief, yang merupakan generasi ke tiga yang meneruskan bisnis warung kopi ini sejak tahun 1927. Terkenal akan es kopi susu ataupun es kopi hitamnya, Kopi Es Takkie hanya buka sampai pukul 2 siang. Jadi Millenials yang ingin mencobanya, jangan sampe kesiangan ya.

3. Roti Liong.

tokopedia.com

Roti Liong adalah salah satu jajanan roti yang tidak tergerus jaman. Didirikan sejak 1979, para penjual Roti Liong masih setia memikul dagangannya mengunjungi para pembelinya, keluar masuk jalan dan gang-gang di sekitaran Glodok. Ciri khas roti ini adalah kesegarannya, pagi roti dibuat, sorenya langsung dijual, masih dalam keadaan hangat. Bayangkan roti isi susu kering, dengan aroma mentega yang kuat, dalam keadaan masih hangat.. hmmm. Harganya sekitar Rp. 2.500 - Rp. 3.000. Bagi kamu yang ingin mencobanya, silahkan mampir di sekitaran Glodok, menunggu si abang menghampiri ya. 

4. Pempek Eirin 10 Ulu.

pegipegi.com

Pempek Eirin 10 Ulu ini merupakan cabang dari Pempek Eirin 10 Ulu di Palembang. Dibuat dengan bahan-bahan yang terjaga kualitasnya dan tanpa bahan kimia, membuat pempek ini makin digemari para pecinta pempek. Berlokasi di sebrang Pasar Asemka, tepatnya di Jl. Pintu Kecil No. 3 , Glodok, Tambora, Jakarta Barat, pempek yang awalnya hanya berjualan secara kaki lima ini, kini sudah berjualan di ruko, yang tetap saja selalu dipenuhi pengunjung. Selain rasanya yang enak, pempek disini dijual dengan harga yang pas di kantong. Kisarannya sekitar Rp. 6.000 - Rp. 22.000.

Verified Writer

Anya Larissa

"We didn't realize we were making memories. We just knew we were having fun" - Winnie the Pooh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya